40 Tahun Konsumsi Langsung Air Hujan dan Air Sungai, Kini Warga Singai Terang Nikmati Air Bersih PDAM

40-tahun-konsumsi-langsung-air-hujan-dan-air-sungai--kini-warga-singai-terang-nikmati-air-bersih-pdam

Malinau- Dalam rangka pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakatnya, Pemerintah Kabupaten Malinau membangun instalasi pengolahan air (IPA) melalui dukungan berbagai sumber dana. Salah satunya adalah IPA yang salah terletak di Singai Terang yang mulai dibangun pada tahun 2017 lalu yang memiliki kapasitas air 40 liter perdetik yang dibangun dengan dukungan dana APBN.

Pada hari ini Selasa (12/1), IPA Singai Terang diresmikan penggunaannya oleh Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si. Selain Bupati Malinau, hadir dalam acara peresmian tersebut Ketua DPRD, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Kepala OPD, Aparat desa dan masyarakat di sekitar lokasi IPA.

Syaiful Bahri, SE, MM, Direktur PDAM Apa’ Mening menyebutkan bahwa peresmian IPA Singai Terang bertepatan dengan 16 tahun Apa’ Mening Kabupaten Malinau berdiri.

“Persis di usia PDAM yang ke-16, kita meresmikan IPA Singai Terang ini. Meski usia yang masih muda namun kami bangga karena diusia ini kami sudah mampu mengharumkan Kabupaten Malinau. Tahun 2016 kita berada di peringkat ke-7 nasional dan pada tahun 2017 peringkat ke-3 sebagai PDAM terbaik di tingkat nasional” ungkap Syaiful.

Ke depan, Syaiful tengah menyiapkan program edukasi kepada para siswa agar mereka memahami bagaimana proses pengolahan air bersih dengan harapan timbul kepedulian terhadap kebersihan sumber air baku PDAM.

Selain itu PDAM juga akan melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah untuk nonton bersama film dengan tema lingkungan sehingga alam dapat terjaga dengan baik. Ungkapan bahagia terucap dari Kepala Desa Long Bisai Dorlence dan Kepala Desa Long Gafid Markus yang didapuk menyampaikan apresiasi dalam acara peresmian tersebut.

“Selama 40 tahun kami konsumsi langsung air sungai dan air hujan. Tapi hari ini kami sudah mulai mengkonsumsi air bersih dari PDAM Apa’ Mening. Kami mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya atas dibangunnya IPA Singai Terang ini” ungkap Dorlence penuh bangga.

Dorlence juga menjelaskan jika Pemerintah Desa Long Bisai melalui dukungan dana desa telah membantu sambungan rumah tangga (SR) untuk 98 rumah.

Sementara itu Bupati Malinau Dr. Yansen TP berpesan kepada Direktur PDAM untuk mengutamakan tenaga kerja lokal Singai Terang dalam pengelolaan IPA baru tersebut. Dr. Yansen TP, M.Si dalam arahannya juga meminta agar PDAM memberi kemudahan dalam pemasangan SR bagi masyarakat yang membutuhkan agar semua bisa terlayani.

Selanjutnya Bupati juga memberikan apesiasi atas kinerja PDAM yang membanggakan.

“Saya memberi apresiasi kinerja PDAM dimana diusianya yang masih muda tetapi mampu menunjukan kinerja yang sangat baik dan mampu bersaing dengan PDAM lainnya yang sudah terlebih dahulu beroperasi” ujar Dr. Yansen TP.

Terkait dengan tanggung jawab menjaga sumber air bersih, Bupati Malinau memberi penegasan khusus kepada tamu undangan yang hadir.

“Air merupakan kebutuhan dasar manusia. Dan Malinau adalah sumber air bagi masyarakat luas bahkan dunia. Untuk itu kewajiban kita untuk terus bersama menjaga sumber air khususnya sungai” ungkap Dr. Yansen TP.

Tags : Malinau
menu
menu