Adakan Simulasi Kebakaran di Tingkat RT

adakan-simulasi-kebakaran-di-tingkat-rt

MALINAU – Selain bersih lingkungan, warga Rukun Tetangga (RT) 10 ,Desa Malinau Kota binaan Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran bakal menggelar simulasi pencegahan kebakaran kepada warga, dengan sasaran ibu rumah tangga agar tidak cepat panik jika mengalami kejadian dengan skala kecil.

Hal ini didasari oleh warga RT 10 dengan jumlah kepadatan penduduk sekitar 700 jiwa dan jarak rumah warga dengan yang lainya hampir tidak ada celah sehingga ditakutkan jika terjadi bencana kebakaran bakal cepat merambat jika tidak cepat ditangani.

“Kita akan antisipasi pencegahan kebakaran dengan Pemadam, karena di RT 10 khususnya sudah pernah mengalami bencana kebakaran yang menghabiskan 13 rumah warga hanya karena warga yang bertepatan dengan bencana takut untuk melakukan penannganan awal,” ungkap Burhan Ketua RT 10.

Adapun nanti waktunya masih akan dikordinasikan kepada petugas pemadam yang dimana penanganan tersebut hanya kilasan skala kecil yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Semisal terjadi kebocoran gas elpigi bagaimana menanganinya, pemadaman dasar dengan alat seadanya semisal kain yang dibasahi baru untuk menutup api biar padam, Lanjutnya.   

Bapak Sopyan salah satu warga RT 10 yang juga pernah terlibat langsung dalam pemadaman bencana kebakaran yang terjadi beberapa tahun sebelumnya di RT 10 mengaku antusias karena selain untuk mengerti pemadaman dengan cara benar juga tahap awal penanganan bisa dikuasai agar tidak panik.

“Kita jelas sangat mendukung akan adanya simulasi pemadaman api nantinya, akan tetapi yang terpenting Ibu rumahtangga menjadi sasaran utama kali ini, Karena mayoritas keluarga disini para suami pada kerja sehingga Ibu lah yang sudah harus mengambil peranan utama dalam mengantisipasi dan mencegah adanya kebakaran meski memang musibah namun bisa dimimalisir,” tuturnya kepada media ini.

Selain itu, “Dalam pelaksanaanya simulasi nanti juga terkait kebersihan lingkungan agar menjaga kondisi lingkungan warga bersih dan jauh dari benda-benda yang mudah terbakar  semisal seperti sampah disekitar rumah dan penataan ruangan dengan tempat masak agar bisa terjaga atau paling tidak mempersiapkan benda-benda pencegahan dini dalam mencegah akan terjadinya kebakaran,” urainya. (ewy/puu)

sumber : kaltara.prokal.co

EKO WIJIYANTO/RADARTARAKAN

Tags : Malinau
menu
menu