Anyaman Rotan Malinau Tarik Perhatian Presiden

anyaman-rotan-malinau-tarik-perhatian-presiden

MALINAU – Usai membuka pameran Kriyanusa Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (27/9), Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo menyempatkan diri melihat langsung produk kerajinan yang dipamerkan oleh masing-masing Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan stan Dekranasda Kabupaten Malinau menarik perhatian presiden untuk singgah, karena produk anyaman rotannya.

Menanggapi ketertarikan presiden terhadap produk anyaman rotan Malinau, Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si mengatakan, mungkin saat presiden melintas di stan Dekranasda Kabupaten Malinau terkejut melihat keindahan dan nilai seni yang tinggi pada anyaman rotan Malinau.

“Beliau (presiden, Red.) mungkin kaget, karena desainnya penuh kreatifitas dan mungkin baru melihatnya (anyaman rotan) dalam berbagai bentuk,” ujar Bupati Yansen TP saat diwawancara media ini via aplikasi pesan singkat, Kamis (28/9).

Ditegaskan bupati, seperti yang selalu ia katakan, bahwa kita bisa mengubah lingkungan dan segala sesuatu, sekalipun menurut pandangan kita tidak bernilai. Akan tetapi, dengan kreatifitas kita bisa menciptakan produk yang Inovatif. Dengan pandangan itu, pihaknya melakukan hal itu di Malinau. Dari awal, imbuh bupati, ia dan istrinya sebagai Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Malinau selalu bersikap aktif mendorong keberanian para perajin berinisiatif  dan berkreasi.

Semula, lanjut Bupati Malinau yang di setiap kegiatan selalu menonjolkan produk lokal untuk meningkatkan ekonomi rakyat ini, banyak yang apriori, tapi dirinya beserta istri sadar terhadap upaya menciptakan sebuah perubahan pasti ada tantangannya. Namun, dengan tantangan yang ada, semakin memacu semangat serta tidak akan berhenti berkreatifitas dan berinovasi.

“Dengan tegas saya dorong Ibu (istri, Red.) untuk jalan terus dan terus berbuat. Tentu dengan melakukan studi tentang capaian orang lain untuk lebih memberi keyakinan terhadap desain produk kita. Dan dengan sikap tegas dan berani ini menjadi pemicu bagi para perajin untuk terus berkarya,” tegasnya.

Sementara itu, Sulowati sebagai pengelola “YTP COLLECTION” yang dipercaya untuk mengelola Show Room dan Stan Dekranasda Kabupaten Malinau mengatakan, presiden bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang juga merupakan Pembina Dekranas sempat mengunjungi stan Dekranasda Kabupaten Malinau. Saat melihat produk anyaman rotan, presiden kagum melihat dan sempat tak percaya bahwa itu terbuat dari bahan rotan.

“Bagus-bagus.. Wah ini bahannya apa noh?” kata Sulowati menirukan ucapan presiden yang sempat bertahan kurang lebih 10 menit di stand Dekranasda Kabupaten Malinau. “Beliau sempat (presiden) gak percaya kalau rotan,” ungkap wanita yang akrab disapa Sulow ini. (ags/puu)

sumber : kaltara.prokal.co

 

Tags : Malinau
menu
menu