Bantu Korban Gempa Palu, Ketua PMI Malinau Pimpin Langsung Penggalangan Dana di Jalan.

bantu-korban-gempa-palu--ketua-pmi-malinau-pimpin-langsung-penggalangan-dana-di-jalan-

Malinau - Bencana gempa bumi yang diikuti dengan tsunami yang menimpa warga di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala Provinsi Sulawesi Tengah mengundang keprihatinan berbagai pihak di seluruh tanah air. Tak terkecuali di Kabupaten Malinau di mana kelompok-kelompok relawan sehari setelah terjadi bencana langsung menggalang bantuan dana, pakaian layak pakai, makanan dan lainnya dari masyarakat Kabupaten Malinau.

Palang Merah Indonesia Kabupaten Malinau salah satunya yang melakukan penggalangan dana bagi para korban tersebut.

PMI Kabupaten Malinau yang pada waktu sebelumnya juga mengkoordinir penggalangan dana bantuan untuk korban bencana gempa Lombok, kali ini kembali turun ke jalan untuk melakukan hal yang sama. Tak tanggung-tanggung, Ketua PMI Malinau Dr. Ernes Silvanus, MM langsung turun ke jalan memimpin penggalangan dana tersebut.

Dr. Ernes menyebut bahwa penggalangan dana bantuan untuk korban gempa & tsunami di Palu & berlangsung sejak tgl 3-10 Oktober 2018.

“Penggalangan dana yang dilakukan PMI Malinau dilakukan sejak tanggal 3-10 Oktober 2018. Untuk tempatnya terbagi di dua lokasi yaitu simpang empat trafic light Malinau Kota dan simpang tiga trafic light Tanjung Belimbing Malinau Hulu” ungkap Dr. Ernes.

“Dalam kegiatan ini, PMI kabupaten Malinau melibatkan beberapa organisasi yaitu RMPB Kab.Malinau, Politeknik Malinau, Satgas BPBD Kab.Malinau, Bela Negara Kab.Malinau, PMR SMPN 1 Malinau Kota, PMR SMPN 2 Malinau Kota, PMR SMAN 1 Malinau dan PMR SMAN 8 Malinau” ujarnya lagi.

Terkait jumlah donasi yang masuk, Dr. Ernes mengatakan bahwa hingga tanggal 5 Oktober 2018 telah terkumpul dana kurang lebih sebesar Rp. 48 juta.

“Dana hasil sumbangan masyarakat ini nantinya akan ditransfer ke rekening PMI Provinsi Kalimantan Utara setelah kegiatan penggalangan dana berakhir pada tgl 11 okt 2018. Dana itu nantinya akan disalurkan langsung kepada korban oleh perwakilan PMI Provinsi Kalimantan Utara” imbuh Dr. Ernes.

Dari pantauan Dinas Kominfo, selain PMI juga terdapat relawan lain yang sebelumnya telah melakukan penggalangan dana yaitu Orpati, Aliansi Gempur, BEM Poltek Malinau, HMI, Komca, YVCI UM, SFCB dan relawan lainnya. 

Salah seorang relawan dari Orpati, Asri Dias menyebutkan penggalangan dana yang dilakukan para relawan telah menghasilkan dana sebesar Rp. 20,828 juta.

Tags : Malinau
menu
menu