Beberapa Puskesmas Mulai Melakukan Pembenahan

beberapa-puskesmas-mulai-melakukan-pembenahan

MALINAU – Setelah dilakukan pembekalan oleh Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB),  Dalam rangka menunjang akreditasi disejumlah Puskesmas, saat ini di beberapa puskesmas telah melakukan pembenahan seperti mendata warga diwilayahnya untuk mengetahui kondisi lingkungan.

Seperti yang pernah dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Dr.John Felix Rundupadang beberapa waktu lalu terkait Akreditasi. Hal ini sudah berlangung beberapa waktu lalu dimana timnya sudah melakukan pembekalan di Puskesmas Malinau Seberang, dan Kecamatan Malinau Utara serta di Puskesmas Tanjung Lapang, Kecamatan Malinau Barat.

“Terdapat 3 puskesmas yang akan melakukan akreditasi pada periode kedua ini,”Ada 3 Puskesmas yaitu, Puskesmas Malinau Seberang (Malinau Utara), Puskesmas Tanjung Lapang (Malinau Barat) dan Puskesmas Setulang (Malinau Selatan Hilir),” ungkapnya.

Akan tetapi penilaian belum dapat dilakukan pada 3 Puskesmas tersebut. Pasalnya yang telah siap untuk dinilai hanya Puskesmas Malinau Kota dan Puskesmas Pulau Sapi (Mentarang). Kedua puskesmas ini akan di akreditasi pada September mendatang.

Hal ini ternyata sudah menggugah salah satu Puskesmas dengan kinerjanya yang semakin diperbaiki, salah satunya Puskesmas Malinau Kota yang telah mengadakan survei kesehatan di wilayahnya dengan mendatangi setiap rumah warga untuk dilakukan pendataan.

Diharapkanya bahwa semua dokumen kelengkapan dapat terpenuhi, sehingga akreditasi dapat dilakukan dan diselesaikan dengan baik. “Sehingga tahun 2017 ini akreditasi diperoleh oleh puskesmas-puskesmas itu. Saat ini semua proses akreditasi puskesmas sedang berjalan,” ulasnya lebih lanjut.

Dalam kesempatan yang berbeda Bunny salah satu petugas yang datang ke warga-warga saat bertemu awak media ini mengungkapkan bahwa pelaksanaan pendataan kesehatan di masayarakat ini merupakan salah satu peningkatan kinerja yang dilakukan puskesmas untuk mengetahui kondisi kesehatan lingkungan warga dari mulai rumah tangga.

“Saya petugas dari Puskesmas Malinau Kota, saat ini sedang melakukan pendataan terkait kesehatan lingkungan warga agar kita tahu bagaimana kehidupan dilingkungan warga seperti adanya sanitasi WC, anggota keluarga yang mengkonsumsi rokok dan lain sebagainya. Bukan hanya untuk pemetaan kesehatan kegiatan ini juga dimungkinkan juga terkait Akreditasi yang sudah marak diperbincangkan,” Jelasnya. Sedangkan dalam hal penilaian akreditasi, Dikatakanya yang sangat berat dipenuhi adalah tata graha. Karena, tata graha mengacu pada Permenkes nomor 75 tahun 2014 tentang standar bangunan puskesmas. Sedangkan bangunan yang dimiliki Pemkab Malinau rata-rata merupakan bangunan yang didirikan sebelum tahun 2014 atau sebelum Permenkes terbit. 

“Mengatasi itu, Dinkes menyiasatinya dengan program rencana pengembangan yang telah disetujui Bappeda. Itu sudah bisa jadi bagian bahwa kita ada upaya untuk memeprbaiki sesuai dengan permenkes nomor 75 tahun 2014 itu,”Pungkasnya. (ewy/puu)

sumber: kaltara.prokal.co

 

Tags : Malinau
menu
menu