Bimbingan Teknis Sistem Keuangan Desa Untuk Aparatur Desa

bimbingan-teknis-sistem-keuangan-desa-untuk-aparatur-desa

Malinau- Bertempat di Ruang Pertemuan Hotel Mahkota Malinau, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Utara pada Hari Senin (20/11) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Sistem Keuangan Desa Untuk Aparatur Desa.

Sebanyak 80 desa dari 11 kecamatan mengikuti bimtek dengan narasumber dari BPKP Perwakilan Kaltara, Inspektorat Kabupaten Malinau dan DPMD Kalimantan Utara. Osmar Matondang, Ketua Panitia bimtek dalam laporannya menyebutkan bahwa tujuan bimtek yang dilaksanakan selama 3 hari ini adalah mendorong sistem laporan keuangan desa yang transparan dan akuntabel serta meningkatkan kualitas sistem laporan keuangan desa.

“Pesertanya adalah bendahara desa dan pengelola aplikasi sistem keuangan desa. Untuk tahap pertama ini ada 80 desa yang mengikuti bimtek” ungkap Osmar. Sementara itu Kepala Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Utara Alexander Rubi menyatakan bahwa untuk Malinau penggunaan sistem keuangan desa bukanlah hal yang baru karena sudah beberapa tahun yang lalu menggunakan aplikasi sejenis.

“Saya yakin Malinau sudah tidak asing, jadi tinggal proses migrasi dari sistem yang lama ke sistem yang baru” ungkap Alexander di hadapan peserta bimtek. Selanjutnya Asisten Administrasi Umum Setkab Malinau Drs. H. Edy Marwan, M.Si yang mewakili Bupati Malinau Dalam sambutannya mengatakan bahwa pengelolaan keuangan desa yang menggunakan siklus yang sudah ditentukan merupakan hal yang wajib dipenuhi dalam oleh aparat desa. Oleh karenanya sangat penting bagi aparat desa mengikuti bimtek dengan baik.

“Bimtek ini sangat bagus karena mendukung upaya peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa khususnya dalam hal pengelolaan keuangan desa. Saya minta seluruh peserta ikuti dengan serius” ujar Drs. H. Edy Marwan, M.Si kepada pesera bimtek. 

Tags : Malinau
menu
menu