Bupati Apresiasi RT Yang Pasang Infografis Pengelolaan Dana RT Bersih

bupati-apresiasi-rt-yang-pasang-infografis-pengelolaan-dana-rt-bersih

Malinau - Pasca penegasan Bupati Malinau yang disampaikan beberapa waktu lalu kepada pemerintah desa untuk memasang baliho informasi pengelolaan dana desa, saat ini banyak pemerintah desa yang sudah memasang baliho di tempat strategis maupun infografis di media sosial.

Bahkan khusus untuk Desa Wisata Pulau Sapi, terdapat dua RT yaitu RT 1 dan RT 9 yang sejak Kamis (23/11) sudah memasang baliho infografis pengelolaan dana RT Bersih.

Indra, Ketua RT 1 menyatakan bahwa apa yang dilakukannya ini merupakan bentuk transparansi kegiatan kepada warga RT dan Pemerintah Desa.

“Tujuannya mencegah timbulnya rasa curiga atau ketidakpercayaan masyarakat RT kepada Pengurus RT dalam pengelolaan dana RT BERSIH dan sebagai bukti Realisasi Kegiatan sesuai hasil Musrenbang RT” ungkap Indra.
Menurutnya warga sangat antusias bahkan ada beberapa warga yang membantu memasang baliho tersebut.

Salah seorang warga Pulau Sapi yang juga anggota Lembaga Partisipasi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (LP3MD) Oktrianus menanggapi positip pemasangan baliho tersebut. Menurut Oktrianus, pemasangan baliho dan penyebaran infografis merupakan bukti bahwa kepercayaan yang diberikan kepada masyarakat telah berdampak positip.

“Saat ini para ketua RT dan Kepala Desa sudah mulai memahami apa itu 3 prinsip dari RT-Bersih yaitu transparansi, akuntabilitas dan partisipasi. Pada saat musrenbang RT tim LP3MD sudah menyampaikan hal ini kepada masyarakat” ungkap Charles.

Sementara itu Bupati Malinau yang juga mengetahui pemasangan baliho ini melalui media sosial mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Malinau menyambut baik apa yang dilakukan Ketua RT 1 dan RT 9 Desa Wisata Pulau Sapi.

“Memang pada prinsipnya transparansi itu sudah harus kita lakukan mulai dari tingkatan terbawah. Dan Dua RT di Pulau Sapi ini sudah memulainya. Tentu saya harap RT yang lain bisa mencontoh hal yang baik ini” ungkap Bupati Malinau.

“Saya juga berharap agar desain infografis ini dibuat lebih menarik agar masyarakat enak melihat dan bisa memahami isinya. Selain itu juga tempatnya harus permanen sehingga semua warga bisa mengetahuinya” jelas Bupati Malinau lagi.

Tags : Malinau
menu
menu