BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


Capaian Gerdema Membanggakan

  28 November 2016

MALINAU – Bupati Malinau Dr Yansen TP MSi sebagai pembina Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Malinau diberi kesempatan untuk memaparkan materi tentang perkembangan dan rencana pembangunan Malinau ke depan dalam acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) TP PKK Kabupaten Malinau, di ruang Tebengang Kantor Bupati Malinau, Rabu (23/11) lalu. Bupati menyampaikan bahwa capaian Gerdema sangat membanggakan.

“Tema yang saya bawakan yaitu ‘Kebijakan pembangunan Kabupaten Malinau melalui program prioritas Gerakan Desa Membangun (Gerdema)’. Saya ingin menjelaskan, kalau Gerdema ini sudah tidak bisa kita pungkiri, dia sudah punya kualitas tersendiri, punya model tersendiri dan capaiannya sudah menunjukkan capaian yang membanggakan,” ujar Bupati Yansen TP di hadapan kader-kader PKK yang hadir mulai dari desa, kecamatan dan kabupaten.

Capaian itu, jelasnya, bisa dilihat dalam capaian di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2011-2016 yang juga bisa diukur dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Malinau yang lebih cepat dicapai tiga tahun dari target lima tahun.

“Kalau ingin mengukur capaian pembangunan Malinau dari RPJMD, dengan indeks pembangunan manusia (IPM), kita lebih cepat mencapainya daripada rencana lima tahun. Artinya, tahun pertama, kedua, ketiga, keempat dan kelima harus mencapai angka sekian, tetapi tiga tahun kita sudah sampai pada angka yang harusnya lima tahun. Kenapa? Karena Gerdema,” ungkapnya.

Dihadapan para kader PKK ini, Bupati mengistilahkan capaian itu seperti halnya anak-anak sekolah yang baru kelas 1, namun sudah bisa mempelajari dan mengerjakan jauh dari tingkatan kelasnya karena semangatnya ingin maju.

“Istilahnya ibu-ibu, kenapa anaknya kelas 1 sudah bisa membaca? Karena tekad semangat kerja kerasnya bisa belajar, sehingga dia kelas 1 sudah bisa membaca. Umumnya, harusnya, ya pelan-pelan sampai kelas ini baru bisa membaca,” terangnya.

Kalau angka kemiskinan, lanjut Bupati, angka kemiskinan di Kabupaten Malinau juga menurun dari angka yang semula 20 persen, dan terakhir sesuai dengan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menjadi 9,8 persen. “Itu angka yang signifikan, karena apa? Karena Gerdema. Kenapa Gerdema? Karena pembangunan sudah berjalan secara merata di Kabupaten Malinau. Jadi Gerdema sudah menunjukan prestasi luar biasa,” kata Yansen yang saat ini menjabat untuk periode kedua memimpin Kabupaten Malinau bersama Wakil Bupati Topan Amrullah SPd MSi.

Untuk RPJMD Kabupaten Malinau tahun 2016-2021, Pemerintah Kabupaten Malinau juga menitik beratkan pembangunan di desa-desa dan lebih dipertajam lagi hingga ke tingkat Rukun Tetangga (RT). Kabupaten Malinau memiliki tiga program unggulan, yaitu program RT Bersih, Beras Daerah (Rasda) dan Wajib Belajar 16 Tahun. (ags/aan)

AGUSSALAM SANIP/RADAR TARAKAN

sumber : kaltara.prokal.co

Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?