Desa Harus Kreatif dan Inovatif

desa-harus-kreatif-dan-inovatif

MALINAU - Bupati Dr Yansen TP MSi memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Desa Pulau Sapi, Kecamatan Mentarang yang telah menunjukkan jati diri sebagai desa wisata. Karena telah melakukan berbagai kegiatan dalam acara hari ulang tahun (HUT) ke-59 Desa Pulau Sapi yang mulai dirayakan pada Senin (26/6) kemarin.

"Inilah gambaran desa wisata itu," tegas Bupati Yansen TP dihadapan masayarakat Desa Wisata Pulau Sapi saat membuka rangkaian acara HUT desa Pulau Sapi Senin (26/6) sore kemarin.

Ke depan, Bupati Yansen TP meminta agar seluruh masyarakat lebih berkreasi dan inovatif lagi dalam menunjukkan jati diri desa wisata sebagai kekuatan pembangunan Malinau. Khususnya pembangunan di wilayah kecamatan Mentarang. Terlebih, usia Desa Pulau Sapi saat ini sudah berusia 59 tahun dan dinilai Bupati Yansen TP telah menggariskan sejarah perjalanan panjang yang menunjukkan karakter masyarakatnya. Sehingga pemerintah Kabupaten Malinau menetapkan Desa Pulau Sapi sebagai Desa Wisata. "Ke depan saya harapkan, apa yang sudah mulai kelihatan ini berwujud sebuah dinamika budaya dan kualitas hidup masyarakat yang membanggakan terus ditingkatkan," ungkap Yansen TP.

Secara khusus, Bupati juga penyatakan, apresiasi kepada pemuda Pulau Sapi yang telah berpartisipasi langsung sebagai penyelenggara HUT ke-59 Desa Pulau Sapi ini. Bahkan, dalam kegiatan seperti diperhatikan bupati lebih banyak pemudanya yang terlibat langsung. Ini artinya, Desa Pulau Sapi sudah berhasil  membentuk kader-kadernya. Karena itu, Yansen TP menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada tokoh masyarakat, tokoh adatnya yang telah memberikan teladan  yang baik bagi generasi mudanya. Sehingga desa ini telah tumbuh dan berkembang baik bagi generasi muda sehingga warna kepemimpinan desa ini tumbuh dan membanggakan semua pihak. "Ini model kehidupan yang baik. Orang tua memberi teladan, anak-anaknya meneladani dan melanjutkannya," tegasnya.

Karena itu, Bupati berharap agar generasi muda pulau sapi terus bekerjasama dan semangat serta meningkatkan kreatifitasnya untuk membangun desa wisata ini.  Sehingga desa ini menjadi desa wisata yang benar-benar memberikan makna yang baik bagi arah perkembangan dan pertumbuhan masyarakat Pulau Sapi ini. "Siap muyu (siap semuanya)?.” Tanya Bupati dalam bahasa dayak lundayeh kepada warga pulau Sapi.

Bupati juga mengajak seluruh masyarakat pulau Sapi untuk terus berbuat yang terbaik untuk desanya masing-masing. Namun bukan berarti ini sudah lebih baik atau lebih buruk dari sebelumnya. Namun semua harus terus berkreasi dan berinovasi dalam membangun dan membenahi desanya. Semangat warga Pulau Sapi ini bukanlah semangat pantang menyerah, tetapi semakin tinggi. "Untuk itu kita harus berbuat yang terbaik dalam membangun desanya agar semua bisa terwujud dan kelihatan jatidiri desa dan masyarakatnya sebagai sebuah desa wisata," ungkap Yansen TP. (ida/fly)

sumber : kaltara.prokal.co

WIDAYAT/RADAR TARAKAN

Tags : Malinau
menu
menu