Desa Wisata Harus Kreatif

desa-wisata-harus-kreatif

MALINAU – Bupati Malinau Dr Yansen TP MSi meminta kepada masyarakat dan aparatur desa, khususnya lima desa yang ditetapkan sebagai desa wisata untuk kreatif dan memanfaatkan setiap even di desa untuk menarik minat orang untuk berwisata.

“Kunjungan-kunjungan wisata justru terjadi saat even yang seperti ini (perayaan setahun Pulau Sapi jadi desa wisata). Momen-momen acara seperti ini kita memperlihatkan budaya kita. Kalau nanti rombongan datang ke sini, mau lihat apa? Kalau datang ke sini makan apa? Menikmati apa? Nah, mari siapkan potensi-potensi yang dimiliki untuk dikembangkan, seperti potensi-potensi yang bisa disajikan untuk wisatawan. Silakan manfaatkan momen-momen yang seperti ini, itulah yang dinamakan potensi wisata,” ujar Bupati Yansen TP saat menghadiri acara perayaan setahun Desa Pulau Sapi jadi desa wisata beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, kalau desa menjadi semakin baik dan semakin berkembang, maka itulah yang namanya desa wisata. Wisatawan akan rutin datang, misalkan, kata Bupati, di hari Sabtu atau setiap akhir bulan orang pasti datang asal ada even yang dilaksanakan. Membuat sebuah even Inilah yang menurutnya sebagai tantangan bagi desa wisata.

“Saya berharap Kades, Camat, tokoh-tokoh pemuda, tidak mesti kita membuat satu rangkaian acara yang besar untuk menampilkan acara, mungkin minggu ini RT 1, mungkin minggu depan RT 2, RT 3, RT 4 atau setiap minggu setiap RT melakukan. Silakan, itulah desa wisata,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, perusahaan tur perjalanan wisata di Kalimantan Utara,  sudah ketemu dengannya dan sudah mengagendakan Malinau menjadi tujuan wisata. Untuk itulah, even-even harus disiapkan, termasuk harus tahu jam berapa datang, hari apa datang, berapa banyak orang, apa yang dimakan para wisatawan dan apa yang ingin dilihat dan sebagainya silakan disiapkan.“Tidak banyak-banyak, cuman satu jam datang ke Desa Pulau Sapi menyaksikan sesuatu, minggu depan lagi datang meyaksikan sesuatu dan sebagainya, itulah desa wisata,” ujarnya. (ags)

sumber : kaltara.prokal.co

AGUSSALAM SANIP/RADAR TARAKAN

Tags : Malinau
menu
menu