Door to Door Sosialisasi Tertib Administrasi

door-to-door-sosialisasi-tertib-administrasi

MALINAU – Memanfaatkan momen program Bulan Bakti RT Bersih se-Malinau,  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Malinau   ikut ambil bagian. Dalam kesempatan tersebut, Disdukcapil bekerja sama dengan program RT Binaan dengan melakukan sosialisasi  pemutakhiran kartu keluarga (KK) demi menuju tertibnya administrasi kependudukan di Malinau.

Kepala Disdukcapil Malinau, Drs.H.Zainal Arifin, S.Pi., M.M mengungkapkan, di momen Bulan Bakti yang digelar Selasa (1/8), sengaja dilakukan agar pelayanan dokumen kependudukan di lima  RT yang dibina bisa tersebar merata.

“Ada 5 RT, di antaranya, RT 11, RT 12, RT 13, RT 14 dan RT 15,”ujar pria yang akrab disapa Zainal ini.

Untuk di daerah Malinau kota, disebutkan Zainal sudah memasuki tahap lebih lanjut bahkan hampir selesai. Kembali diungkapkan Zainal, kegiatan sosialisasi tersebut akan terus dilakukan hingga wilayah perbatasan. Ia juga menguraikan, semua dimulai dari pendataan KK karena menurut Zainal, dengan pendataan KK semua bisa terdeteksi.

Semisal jika dalam KK ada yang sudah meninggal namun belum dilaporkan, lanjut Zainal, akan segera ditindaklanjuti. “Bahkan dari rentan status pernikahan juga bisa dilakukan karena ada sebagian warga yang mengaku belum menikah namun dalam KK masih dalam ikatan perkawinan,”ujar Zainal.

Lanjutnya, yang terpenting penduduk juga akan mempunya Nomor Induk Keluarga (NIK) yang nantinya bisa digunakan dan diakses untuk keperluan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KT), berkas administrasi pernikahan ataupun akta kelahiran dan lainnya.

Selain itu, lanjutnya, jika dalam KK ditemukan keluarga mulai dari umur 0 hingga 17 belum dimasukan dalam KK ataupun  belum dibuatkan akta lahir,  bisa diketahui. Pun begitu jutga mereka yang berstatus  janda ataupun duda.

 “ Karena kadang yang sudah cerai tidak juga melaporkan bahkan kebanyakan yang ada anggota keluarga sudah meninggal juga tidak lapor. Di sinilah  kami turun langsung ke lapangan dengan sistem menjeput bola agar administrasi kependudukannya bisa tertibm”urainya.

 Dikatakanya lebih jauh, tugas ini tak hanya difokuskan pada warga binaan, karena sasarannya seluruh warga Malinau. Jauh sebelum kegiatan Bulan Bakti, pihaknya sudah melakukan sistem jemput bola untuk mendapatkan data kependudukan terbaru. “ Tak terkecuali di perbatasan dan akan terus ditindaklanjuti,”ucap Zainal kepada Radar Tarakan, Selasa ( 1/8).(ewy/zia)

sumber : kaltara.prokal.co

EKO WIJIYANTO/RADAR TARAKAN

Tags : Malinau
menu
menu