BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


Gerakan 10 Menit Bersih

  19 April 2017

MALINAU – Untuk membudayakan hidup bersih dan juga menyukseskan program RT Bersih, Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si mengimbau kepada para ketua RT untuk membuat “gerakan 10 menit bersih” dengan melibatkan masyarakat di lingkungannya masing-masing.

Hal itu disampaikan Bupati saat melakukan pertemuan dengan para ketua RT, kepala desa dan tokoh masyarakat Desa Tanjung Lapang dan Kuala Lapang, di sebuah tanah lapang milik Marison, Warga Desa Tanjung Lapang, Rabu malam, (12/4).

“Buat gerakan 10 menit bersih. Bangun (tidur) pagi, sebelum mandi, ayo kita bersihkan di sekitar rumah (pekarangan, Red.) dan tentunya dalam rumah kita,” imbau Bupati Yansen TP.

Dikatakan, kalau mau bersih harus ada keputusan bersama mau bersih dan tentunya berawal dari diri sendiri. Dan itu harus dilakukan. “Nah saya mau tanya, semua siap mau bersihkan RT-nya kan?,” tanya bupati dan dijawab siap oleh para ketua RT. “Mari kita mulai komitmen kita buat gerakan bersih 10 menit,” imbuhnya.

Walaupun ketua RT sudah sepakat dan siap, lanjutnya, ketua RT juga harus rapat dulu dengan warganya mengenai penerapan gerakan tersebut, agar di belakang hari tidak ada masalah dan ketua RT juga bisa tenang dan maksimal menjalankan gerakan itu sesuai dengan hasil keputusan yang disepakati bersama warganya.

“Rapat dulu, panggil semua warga. Kalau gak mau datang, datangi dan bawa orang rapat di rumahnya. Bilang saja, pak kami pinjam rumahmu untuk kami rapat bersama warga. Karena bapak susah dipanggil, makanya kami rapat di sini,” ujar bupati mencontohkan apabila ada warga yang tidak mau datang atau tidak menghiraukan kegiatan di RT.

Menurutnya, tidak usah lama-lama, cukup 10 menit saja setiap hari melakukan bersih-bersih lingkungan. Namun, kalau bisa lebih dari 10 menit juga ia persilakan, yang penting sesuai dengan keputusan bersama antara ketua RT dengan warganya. Dan dengan budaya bersih-bersih yang dilakukan setiap hari , walaupun 10 menit, ia yakin dan percaya rumah serta lingkungan masyarakat Malinau akan bersih semua.

“Kumpulkan warga, sampaikan prinsip-prinsip dasarnya, ayo mari kita mulai. Kalau siap, kita sepakati mulai hari ini dan kalau bapak ibu sepakat, mari kita mulai,” ucap bupati di hadapan para ketua RT, kepala desa, Camat Malinau Barat Rolland Rudiyanto S.STP, M.Si, Ketua DPRD Malinau Wempi W. Mawa, SE, Ketua TP PKK Kabupaten Malinau Ny. Ping Yansen, Sekkab Drs. Hendris Damus, M.Si, para asisten Setkab dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Malinau yang turut hadir. (ags/fly)

 sumber : kaltara.prokal.co
 
Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?