HUT Satpol PP ke-67, Satlinmas ke-55 dan Damkar ke-98 Di Gelar DI Halaman Kantor Bupati Malinau

hut-satpol-pp-ke-67--satlinmas-ke-55-dan-damkar-ke-98-di-gelar-di-halaman-kantor-bupati-malinau

Malinau- Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Malinau digelar dihalaman Kantor Bupati Malinau, Senin (06/03).  HUT Satpol PP yang Ke-67 ini dirangkaikan dengan HUT Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Ke-55 dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Ke-98. adapun tema yang diusung dalam HUT ini adalah “Peningkatan peran satuan polisi pamong praja, satuan perlindungan masyarakat dan pemadam kebakaran dalam menjaga kemajemukan masyarakat di daerah”.

Dalam sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang dibacakan oleh Bupati Malinau Dr Yansen TP MSi, Mendagri mengucapkan selamat ulang tahun dan juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para kepala satuan polisi pamong praja provinsi dan kabupaten/kota dari seluruh indonesia yang telah hadir.

“Inilah semangat korps yang harus terus menerus kita tumbuh kembangkan bersama, walaupun berbeda budaya dan daerah tetapi mempunyai tujuan yang sama yaitu sebagai garda terdepan di daerah dalam menegakkan peraturan daerah dan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman serta perlindungan masyarakat dan penanganan kebakaran," ujarnya.

Mendagri juga menghimbau bahwa kita perlu bersama-sama meningkatkan rasa patriotisme atau rasa kecintaan kepada negara. Kebhinekaan merupakan alat pemersatu bangsa yang harus menjadi kebanggaan dari bangsa ini.

Beberapa hal yang ditekankan oleh mendagri kepada jajaran satuan polisi pamong praja, satuan perlindungan masyarakat dan pemadam kebakaran agar selalu bangga dan menjunjung tinggi kehormatan sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara; memberikan pelayanan yang cepat dan tepat atas ancaman, gangguan, halangan dan tantangan terkait ketenteraman dan ketertiban umum yang terjadi di masyarakat; membuka ruang dialog kepada seluruh lapisan masyarakat atas kebijakan-kebijakan yang hendak diambil dengan tetap memegang teguh peraturan perundang-undangan yang berlaku; selalu peka terhadap perubahan-perubahan sosial yang terjadi di masyarakat sehingga kita dapat melakukan langkah antisipatif untuk menghindari dampak yang lebih besar dan tingkatkanlah jejaring kerja baik dengan sesama Satpol PP, Satlinmas dan Damkar  maupun unsur-unsur lain yang mendukung tugas dan fungsi di lapangan.

Yang menarik dalam upacara HUT tersebut semua petugasnya adalah para srikandi-srikandi Satpol PP, Satlinmas dan Damkar. Tentu saja hal ini mendapat apresiasi dari Bupati Malinau Dr Yansen TP selaku inspektur upacara. “Hal ini menunjukan kaum wanita tidak kalah dengan kaum laki-laki”, ujar Yansen.

“Tapi kita tidak hanya berbangga akan hal ini, tapi kita bertekad mari kita tunjukan karya bakti kita untuk membangun kabupaten Malinau, apa yang kita rasakan hari ini, keamanan kita yang kondusif, adalah kesatuan kerjasama yang baik dan luar biasa antara seluruh lini penegak ketentraman di kabupaten malinau," imbuhnya.

Menurut Yansen tugas hari ini selesai, tapi apa yang dirasakan hari ini adalah langkah baik untuk menatap kedepan. “Malinau sebagai daerah perbatasan, mari kita wujudkan tekad kita untuk menjaga kewibawaan negara kita di perbatasan ini”, harapnya.

Dengan semangat HUT yang dilaksanakan hari ini Yansen mengajak semua untuk meningkatkan partisipasinya dalam mendorong pertumbuhan pembangunan kabupaten malinau yang telah dilaksanakan berdasarkan Gerakan Desa Membangun (Gerdema) yang ditingkatkan melalui 3 program unggulan utama yaitu RT bersih, Wajib Belajar dan Beras Daerah.

Menurut Yansen, tercapainya keberhasilan program ini tidak terlepas dari peran semua komponan yang ada di kabupaten malinau, baik pemerintah daerah, jajaran polres, kodim dan batalyon, kajari, pengadilan negeri serta komponen masyarakat .

“Mari kita bersama-sama membangun daerah kita ini, saya yakin dan percaya dengan tekat kita bersama kita bisa, saya ada untuk semua, kita pasti bisa jika kita bersama-sama. Untuk itu kita mengajak kita bersama untuk mewujudkan suksesnya pembangunan kabupaten malinau”, ajaknya.

Tak lupa Bupati Yansen juga menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Satpol PP Pemerintah Propinsi dan Kabupaten/Kota Kalimantan Utara yang telah hadir di Malinau untuk bersama-sama merayakan HUT Satpol PP, Satlinmas dan Damkar ini. “Kehadiran kalian semua memberikan rasa bangga kepada kabupaten Malinau”, ungkapnya.

Terakhir Yansen berpesan kepada Satpol PP, Satlinmas dan Damkar agar terus meningkatkan kerja keras dan pengabdiannya untuk mewujudkan kabupaten malinau yang maju dan sejahtera.

Usai upacara, dimeriahkan dengan defile, tari-tarian, atraksi penyelamatan korban kebakaran dan senam oleh Satpol PP, Linmas dan Damkar. (hms07)

sumber : humas.malianu.go.id

Tags : Malinau
menu
menu