Ini Pesan Bupati Malinau Usai Menjadi Inspektur Upacara HUT RI ke-73

ini-pesan-bupati-malinau-usai-menjadi-inspektur-upacara-hut-ri-ke-73

MALINAU – Upacara peringatan detik-detik proklamasi ke-73 di Kabupaten Malinau digelar di Halaman Kantor Bupati Malinau, Jumat (17/8), berlangsung dengan khidmat. 

Bupati Malinau, Dr. Yansen TP, M.Si bertindak sebagai inspektur upacara (irup), sementara Ketua DPRD Malinau, Wempi W Mawa, SE membacakan naskah teks proklamasi. Kemudian dilanjutkan dengan pengibaran bendera yang dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera. 

Dengan sukses, para Paskibra ini menaikkan serta mengibarkan bendera di hari peringatan HUT RI ke-73 di tengah-tengah halaman Kantor Bupati Malinau. Pelaksanaan Upacara peringatan HUT RI pun berlangsung khitmat semua tamu dan peserta terlihat serius mengikuti rangkaian yang disusun oleh pihak panitia. 

Usai upacara, kepada wartawan, Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si mengungkapkan rasa syukur karena Indonesia telah  beranjak usia ke 73 tahun. Artinya, di usia 73 tahun bangsa dan negara tentu mempunyai harapan ke depan agar Indonesia tetap lestari sepanjang masa. 

Sebab itu, sambung Dr. Yansen TP patut direflesikan kembali nilai-nilai perjuangan yang diberikan oleh para pahlawan yang dimana telah  berkorban jiwa dan raganya demi Indonesia.

“Jadi perjuangan itu harus menjadi satu kekuatan bagi NKRI dalam melangkah untuk mengisi pembangunan karena kemerdekaan itu bukan diberi tapi ditegakkan. Mari kita tingkatkan semangat kemerdekaan ini dengan meningkatkan pembangunan terkhususnya di Malinau ini,” harapnya. 

Apalagi, kata dia,  perjuangan yang diberikan para pahlawan terhadap bangsa dan negara dapat dijadikan suatu motivasi dan semangat untuk menegakkan dan membela bangsa Indonesia.

“Jadikan itu sebuah kekuatan dalam melangkah ke depan. Karena kemerdekaan ini bukan diberi tapi diperebutkan dengan semangat juang. Makanya saya mengajak kepada masyarakat malinau tetap semangat, bekerjasama. Saya ada untuk semua bersama kita pasti bisa,” terangnya.

Sementara Wakil Bupati Malinau Topan Amrullah, S.Pd, M.Si mengatakan memaknai hari kemerdekaan tentu harus bisa melihat bagaimana perjuangan dari para pendahulu yang telah berkorban untuk Bangsa dan Negara. 

Sebab itu, Topan Amrullah, S.Pd, M.Si mengharapkan para generasi muda mampu mempertahankan dan menjaga NKRI tetap bisa bersatu dalam membangun. “Paling tidak para generasi muda dapat menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme dalam menjaga NKRI,” katanya. 

Untuk menanamkan jiwa nasionalisme, lanjut Topan, harus melalui jalur pendidikan sejak dini. “Bisa diberikan pemahaman idiologi pancasila dan ketahanan NKRI sehingga ke depan generasi bangsa dapat menjaga keutuhan Indonesia,” pungkasnya.

Tags : Malinau
menu
menu