Kepala Desa dan Aparatnya Wajib Laksanakan Kegiatan yang Di Programkan

kepala-desa-dan-aparatnya-wajib-laksanakan-kegiatan-yang-di-programkan

Malinau - Penjabat Sekretaris Daerah Drs. Tan Irang, M.AP, membuka secara resmi acara Sosialisasi Dan Fasilitasi Penyusunan Peraturan Daerah yang dilaksanakan di ruang Laga Feratu lantai III Kantor Bupati Malinau. Sosialisasi ini membahas tentang kewenangan desa berdasarakan hak asal usul dan kewenangan lokal bersakala desa, pada Senin (11/03/19).

Drs. Tan Irang, M.AP, yang pada kesempatan ini membacakan sambutan tertulis dari Bupati Malinau mengatakan bahwa pemerintah daerah memberikan apresiasi atas kegiatan sosialisasi ini. Melalui sosialisasi ini diharapkan dapat membantu kepala desa dan aparat desa untuk mengetahui dengan jelas pelaksanaan kewenangan-kewenangan dalam menjalankan tugasnya.

Drs. Tan Irang M.AP melanjutkan, dalam peraturan menteri desa pembangunan desa tertinggal dan transmigrasi nomor 1 tahun 2015 disebutkan bahwa kewenangan berdasarkan hak asal usul adalah hak yang merupakan warisan yang masih hidup dan prakarsa desa atau prakarsa masyarakat desa sesuai dengan perkembangan kehidupan masyarakat. Sedangkan kewenangan lokal berskala desa adalah kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat desa yang telah dijalankan dengan efektif oleh desa. Dengan pemahaman tersebut, maka tujuan pembangunan desa untuk peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat desa dapat terlaksana.

“Diharapkan kepada seluruh peserta sosialisasi agar dapat memperhatikan dengan baik dan serius dalam mengikuti kegiatan ini agar dalam penerbitan dan penetapan peraturan desa tentang kewenangan desa berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal berskala desa di desa masing-masing tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ungkapnya.

Kemudian, Drs. Tan Irang M.AP. menambahkan bahwa selain di permendagri ada ketentuan dalam undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa dimana kewenangan desa adalah kewenangan dalam rangka membuat suatu keputusan atau peraturan desa terutama dibindang penyelengaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan. Untuk itu, kepala desa dan aparat desa selaku penyelenggara pemerintahan desa diharapkan mampu menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kepala desa dan aparat desa wajib melaksanakan kegiatan-kegiatan di desa yang telah diprogramkan seperti pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan serta merubah sesuatu yang tidak baik menjadi baik dan ini harus dilaksanakan oleh pemerintah desa,” ujarnya.

Drs. Tan Irang juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada panitia penyelenggara atas sosialisasi ini yang dipandu oleh PMD provinsi yang bekerjasama dengan PMD pemerintah daerah. Dengan kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat Kabupaten Malinau kedepan.

“Terimakasih kepada panitia pelaksana kegiatan, semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan membawa manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Kabupaten Malinau,” ujarnya.

Tags : Malinau
menu
menu