BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


Malinau Barat Laksanakan Kegiatan Musrenbangcam Tahun 2019

  26 Agustus 2019

Malinau- Kegiatan Musrenbangcam ini dilaksanakan setiap tahunnya. Dalam Musrenbangcam ini akan merencanakan dan membahas skala yang menjadi prioritas dalam program pembangunan melalui aspirasi masyarakat. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat menerima masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di kecamatan yang didasarkan pada masukan dari program desa. Demikian sambutan yang disampaikan oleh Camat Malinau Barat Lewi, S.STP, M.Si dalam membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan (Musrenbangcam) Malinau Barat Tahun 2019 yang dilaksanakan di Balai Adat Tanjung Lapang, pada Kamis (22/8).

“Masukan ini penting sebagai dasar penyusunan perencanaan pembangunan kecamatan yang akan diajukan kepada OPD yang berwenang sebagai dasar penyusunan rencana kerja satuan perangkat daerah Kabupaten Malinau pada tahun berikutnya,” ujar Camat Lewi.

Sebelum melaksanakan Musrenbangcam, pihak kecamatan sebelumnya telah melakukan rapat untuk menentukan 3 skala prioritas program dari masing-masing bidang berdasarkan masukan dari desa. “Jadi nanti di Musrenbangcam ini kita tinggal membahas apakah usulan prioritas yang telah ditetapkan oleh desa, bisa diakomodir oleh OPD terkait atau tidak,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. Kristian Muned, MT dalam arahannya mengatakan bahwa Musrenbang ini dilaksanakan dimulai dari tingkat RT, dilanjutkan ke desa, kemudian kecamatan bahkan kabupaten. Artinya semua ini harus dilalui secara bertahap yang kemudian akan dikoreksi tahap pertahap sesuai dengan skala prioritasnya.

“Artinya bapak, ibu saya mau menekankan bahwa Musrenbang ini sangat penting, yang mana usulan di desa yang menjadi prioritas itu kita masukkan di Musrenbang kecamatan ini. Kemudian mungkin ada usulan dari tahun lalu yang tidak sempat dimasukkan bisa diakomodir di Musrenbangcam tahun ini untuk disepakati,” ungkapnya.

“Di Musrenbang ini juga kita menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di kecamatan sesuai dengan tupoksi OPD, jadi nanti akan ada arahan dan bimbingan dari OPD terkait,” imbuhnya.

Pada Musrenbangcam ini Ir. Kristian mengajak kepada seluruh masyarakat yang hadir agar mengikuti kegiatan ini dengan baik hingga selesai acara, supaya lebih mengetahui program prioritas yang sudah disusun apakah dapat dijalankan atau tidak.

“Mari sama-sama kita mengikuti Musrenbangcam ini dengan baik, dengan cermat agar apa yang kita diskusikan di level bawah yang kemudian berjenjang ini akan terealisasi dalam bentuk suatu kegiatan yang nantinya akan dilaksanakan dan dikerjakan seusai dengan program prioritasnya,” ujarnya.

Terakhir, Ir. Kristian juga menjelaskan tentang pilar-pilar pembangunan di Kabupaten Malinau yang mana 3 program unggulannya yaitu RT Bersih, Wajib Belajar 16 tahun dan Rasda merupakan program yang tidak hanya untuk didukung tetapi harus dikerjakan oleh seluruh masyarakat dengan maksimal. Dengan begitu apa yang menjadi visi Kabupaten Malinau yang menginginkan Malinau yang maju dan sejahtera bisa tercapai.

“Jadi ke- 3 program ini tidak hanya untuk didukung tetapi juga harus dilaksanakan, dikerjakan dengan maksimal untuk Malinau yang maju dan sejahtera,” ungkapnya.

"Saya Ada Untuk Semua"
"Bersama Kita Pasti Bisa"
"Salam Harmonis Untuk Kita Semua”

 
Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?