Konsultasi Publik Rancangan Awal (Review) RPJMD Perubahan Kabupaten Malinau Tahun 2017

konsultasi-publik-rancangan-awal-review-rpjmd-perubahan-kabupaten-malinau-tahun-2017

Malinau-Wakil Bupati Malinau Topan Amrullah, S.Pd., M.Si Membuka acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal (Review) RPJMD Perubahan Kabupaten Malinau Tahun 2017 yang gelar di ruang tebengang lantai II Kantor Bupati Malinau Kamis (9/11). Acara ini dihadiri Oleh Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Malinau dan Anggota, Wakapolres Malinau, Sekretaris Daerah, Para Asisten, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sebagai Narasumber dalam rangka Konsultasi Publik RPJMD Perubahan Kabupaten Malinau Tahun 2016 - 2021) Bapak Drs. sumedi Andono Mulyono MA. PH. D, Kepala SKPD, Pimpinan BUMD, Camat Se- Kabupaten Malinau, para Kepala Desa, Ketua RT, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Tokoh Adat.

Dalam Sambutan Bupati Malinau yang dibacakan Wakil Bupati Topan Amrullah S. Pd., M.Si Mengungkapkan Konsultasi Publik yang dilaksanakan ini merupakan tahapan dari perubahan rencana pembangunan daerah untuk memperoleh masukan dalam rangka penyempurnaan rancangan awal RPJMD perubahan Kabupaten Malinau Tahun 2016 - 2021.
Forum ini diharapkan dapat menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat terhadap tujuan, sasaran dan program daerah. Sehingga pada nantinya dapat diperoleh komitmen dari para pemangku kepentingan pembangunan di Kabupaten Malinau.

Ada beberapa hal yang menjadi perhatian dalam rangka penyusunan RPJMD Perubahan Kabupaten Malinau Tahun 2016 -2021, yaitu pertama, Penyusunan revisi RPJMD diharapkan dapat dijabarkan sampai desa sehingga terwujud sinergitas baik dari tahap perencanaan sampai pelaksanaan dari tingkat OPD Kabupaten Malinau. Kedua,  seluruh OPD agar dapat menjabarkan visi misi Kabupaten Malinau dengan sebaik-baiknya dengan cara menyusun sasaran OPD, program prioritas beserta indikator kinerjanya yang terkait langsung dengan pencapaian visi misi dan saya harapkan dapat lebih innovatif sehingga dapat mempercepat pelaksana program maupun targetnya. Ketiga, adanya perubahan paradigma money follow function menjadi money follow program benar - benar dilakukan. Program kegiatan yang direncanakan harus berorientasi pada manfaatnya untuk rakyat dan berorientasi pada pencapaian tujuan pembangunan, tidak boleh ada konsep pemerataan pendanaan semua tugas fungsi kelembagaan diperangkat daerah. dan yang keempat, simultan dengan penyusunan RPJMD perubahan dimasing - masing OPD yang juga berproses untuk menyusun renstra perubahan berdasarkan perangkat daerah yang baru, sebagai penyabaran dari RPJMD, penyusunan perubahan renstra perangkat daerah tersebut tetap akan melalui tahapan asistensi dan verifikasi guna menjamin keselarasan substansi dengan RPJMD.
"Hanya dengan komitmen yang tinggi dan bekerja sama dengan melibatkan seluruh kelompok dan lapisan masyarakat, kita akan dapat mewujudkan Malinau yang maju dan Sejahtera Melalui Gerakan Desa Membangun," Ungkapnya. (Hms05/04)

sumber : humas.malinau.go.id

Tags : Malinau
menu
menu