BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


Masyarakat Harus Dukung Tugas RT

  31 Agustus 2016

MALINAU – Bupati Malinau Dr. Yansen TP MSi menegaskan, kekuatan pembangunan dimulai dari tingkat Rukun Tetangga (RT), karena itu di periode kedua ia menjabat sebagai bupati Malinau bersama wakilnya Topan Amrullah SPd. MSi mempertajam program Gerakan Desa Membangun (Gerdema) dengan membuat program RT Bersih yang merupakan kepanjangan dari kata Rapi, Tertib, Bersih, Sehat, Indah dan Harmonis untuk di setiap RT.

“Pembangunan harus dimulai dari RT dan dari desa, untuk itu tentulah kita melihat aspek-aspek yang menghidupkan RT. RT Bersih ini berbicara tentang keseluruhan, oleh sebab itu dukunglah tugas ketua RT,” ujar bupati saat memberikan arahan dalam acara sosialisasi RT Bersih bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Malinau di Ruang Laga Feratu, Kantor Bupati Malinau, Senin (29/8).

Dikatakan, selama ini banyak yang mengabaikan posisi ketua RT dan hanya mendengarkan apabila yang berbicara orang besar saja, seperti kalau bupati bicara baru didengar, kalau camat bicara baru didengar, tapi kalau kepala desa kurang didengar, apalagi ketua RT. Tapi, dengan tegas bupati menyampaikan, ke depan minimal lima tahun, dirinya mengharapkan program RT Bersih yang menjadi kekuatan RT untuk membangun, itu berjalan terus hingga kapanpun, karena menurutnya program yang baik itu tidak mungkin langsung hilang.

“Lima tahun ke depan ketua RT itu menjadi pilar kekuatan pembangunan dan pemerintahan. Oleh sebab itu saudara-saudari sekalian harus memfungsikan dan menghidupkannya, supaya fungsi penyelenggaraan pemerintahan desa itu hidup,” tutur bupati di hadapan para tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda yang hadir dalam acara sosialisasi dan arahan bupati dan FKPD tersebut.

Dicontohkannya, kalau seperti Desa Malinau Seberang ada 8 RT dan 8 RT diperankan fungsinya oleh masyarakat dan desa, maka terbantulah kepala desa menjalankan tugas di 8 RT tersebut.

Pun demikian juga di Desa Malinau Kota ada 20 RT, kalau selama ini kepala desa sendiri yang berpikir membangun desa, maka sekarang ada 20 orang ketua RT ditambah masyarakat bisa memikirkan pembangunan di RT dan desanya.

“Saya harapkan topangan bapak ibu dan saudara-saudari sekalian untuk membantu tugas RT, ini akan luar biasa mensukseskan pembangunan Malinau sesuai Program RT Bersih,” ucap bupati seraya mengharap peran aktif masyarakat membangun Malinau. (ags)

AGUSSALAM SANIP / RADAR TARAKAN

sumber : kaltara.prokal.co

Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?