Panitia Khusus DPRD Beri Rekomendasi LKPJ Bupati Malinau

panitia-khusus-dprd-beri-rekomendasi-lkpj-bupati-malinau

Malinau- Usai penyampaian LKPJ Bupati Malinau tahun anggaran 2017 yang disampaikan 28 Pebruari lalu, DPRD Kabupaten Malinau menindaklanjutinya dengan serangkaian kegiatan yaitu Pembentukan pansus LKPJ, tinjauan lapangan hingga penyampaian rekomendasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Malinau Wempi W Mawa, SE dalam Rapat Paripurna Istimewa ke-1 Masa Sidang I DPRD Kabupaten Malinau Tahun 2018 yang dilaksanakan pada Kamis, 29 Maret 2018 di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Malinau.

Sementara itu Anggota Panitia Khusus LKPJ Jainaludin yang membacakan rekomendasi pansus diawal penyampaiannya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah yang telah melakukan langkah-langkah strategis menghadapi penurunan anggaran dengan tetap menjaga akuntabilitas sehingga tetap tercapai opini WTP dari BPK RI. Pansus juga memberikan apresiasi atas capaian IPM dan pelaksanaan pembangunan di pedalaman dan perbatasan.

Selanjutnya Pansus memberikan beberapa rekomandasi pada masing-masing bidang diantaranya yaitu bidang pendidikan terkait dengan dukungan Efektifitas dan dukungan terhadapa infrastruktur PAUD. Mendorong pemprov untuk menyediakan kebutuhan UNBK bagi siswa SMA/SMK. Perjuangkan politeknik Malinau menjadi Politeknik Negeri.

Pada bidang kesehatan, Pansus merekomendasikan agar Tenaga kesehatan yang bertugas di perbatasan agar diberi perhatian khusus sehingga tidak ada kekosongan termasuk memberi sangsi bagi yang tidak melaksanakan tugasnya. Pansus juga meminta Pemda untuk terus melakukan peningkatan pelayanan dan fasilitas RSUD.

Pada bidang pekerjaan umum, Pansus berharap agar Pemda dapat melakukan pemeliharaan terhadap fasilitas umum yang sudah dibangun dan juga mendorong pemerintah untuk meledakan batu yang mengganggu lalu lintas sungai.

Usai menyimak rekomendasi dari Pansus, Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si yang menyampaikan sambutan menyebut bahwa LKPJ merupakan kewajiban konstitusional kepala daerah setelah berakhirnya tahun anggaran.

“Pemda memberikan apresiasi atas respon yang cepat dari DPRD dalam melaksanakan amanah konstitusi melalui serangkaian kegiatan yang bermuara pada pemberian rekomendasi” ungkap Dr. Yansen TP.

Lebih lanjut Bupati Malinau menyatakan bahwa Pemda akan mempelajari dan melaksanakan rekomendasi sebagai bahan perbaikan kinerja ke depan. Selain itu Bupati juga berharap adanya keterlibatan seluruh stakeholder baik pemerintah daerah, masyarakat dan swasta dalam mendukung pembangunan desa untuk mampu mensejahterakan masyarakat.

Tags : Malinau
menu
menu