Partisipasi Warga Lebih Diutamakan

partisipasi-warga-lebih-diutamakan

MALINAU-Pelaksanaan pembukaan bulan bakti RT Bersih yang dipusatkan di Lapangan Desa Pulau Sapi, Kecamatan Mentarang, berlangsung dengan sederhana. Kegiatan yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Dr Yansen TP MSi itu didihadiri Kapolres AKPB Wiwin Firta YAP, Dandim 90190/Malinau Letkol Inf Yudha Sandi P, Kejari Malinau Yudi Triadi SH MH, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Malinau Arif Budiono SH MH, Danyon 614/Raja Pandhita  Mayor Inf Dharmawan Setyo Nugroho SIP, Ketua DPRD Malinau Wempi W mawa SE dan sejumlah anggota dewan lainnya.

Termasuk juga Sekkab Drs Hendris Damus MSi dan para asisten serta sejumlah SKPD di lingkunan Pemkab Malinau, kepala desa, ketua RT dan  masyarakat serta pegawai ASN di lingkungan Pemkab Malinau. Pembukaan juga ditandai dengan penampilan para penambuh gong yang merupakan sedi budaya dari Desa Wisata Pulau Sapi yang menjadi ciri khas dari masyarakat Dayak Lundayeh.

Ketua panitia Bulbak RT Bersih Tahun 2017 Makson SSos MM menegaskan, rangkaian kegiatan bulan bakti RT bersih ini sebelumnya dilakukan dengan kegiatan pra bulbak. Yakni, setiap organsiasi perangkat daerah (OPD) melaksanakan sosialisasi dan pembinaan kepada Rtdan desa sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing OPD dalam upaya menyukseskan program RT bersih ini.

 “Tujuannya yaitu mebentuk prilaku dan kepribadian masyarakat Malinau dan pelaksanaan pra Bulbak RT bersih ini dilakanakan oleh OPD dimulai dari 21 Juni hingga 13 Juli 2017. Pelaksanaan kegiatan bulbak ini digelar secara serentak di kabupaten Malinau mulai 14 Juli hingga 14 Agustus bulan depan,” terang Makson.

Namun demikian, terang Makson kegiatan ini lebih menitikberatkan  kepada peran serta masyarakat yang dilakukan secara partisipatif merupakan upaya untuk memberdayakan masyarakat. Sehingga masyarakat memiliki kapasitas dalam pengambilan keputusan pengelolaan program, dengan memberikan peluang bagi mereka untuk merefleksikan apa yang telah dicapai.

Kemudian kegiatan Bulbak ini juga akan dievaluasi sebagai upaya menentukan langkah yang harus diambil, dan mengkaji dampak dari pilihan-pilihan yang mereka tetapkan sendiri. “Hasil monev masyarakat yang berupa rekomendasi perbaikan maupun pengembangan alternatif kegiatan baru sebagai kelanjutan program, dapat langsung dimanfaatkan dan diterapkan,” ungkap mantan Sekretaris Dewan Malinau ini.(ida/puu)

sumber : kaltara.prokal.co

 

Tags : Malinau
menu
menu