BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


Peran Pemerintah Daerah dalam Percepatan Penurunan Stunting

  25 Juli 2019

Malinau- Kegiatan Rembuk Aksi Percepatan Penurunan Stunting berlangsung di ruang Laga Feratu Kantor Bupati Malinau, pada Rabu (24/7). Kegiatan ini dihadiri langsung oleh pemerintah pusat, provinsi dan OPD terkait yang juga menjadi narasumber. Pada kegiatan ini juga ada penandatanganan komitmen mengenai percepatan penurunan stunting di lintas sektoral dan program.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau Dr. Ernes Silvanus, S.Pi, MM. Dalam sambutan tertulis Bupati Malinau yang dibacakan oleh Sekda Kabupaten Malinau Dr. Ernes Silvanus, S.Pi, MM mengatakan stunting menjadi permasalahan kesehatan bagi generasi penerus selanjutnya. Stunting sendiri tidak hanya berbicara mengenai ukuran tinggi atau badan anak yang pendek tetapi juga memberikan informasi bahwa adanya gangguan pertumbuhan secara terus-menerus pada anak dalam jangka waktu yang lama.

“Stunting ini menjadi tanggung jawab kita semua yang ada di Kabupaten Malinau, tidak hanya semata-mata menjadi beban tanggung jawab orang tua atau mereka yang bekerja di bidang kesehatan saja, tetapi semua memiliki tanggung jawab yang sama,” ungkapnya.

Melalui kegiatan rembuk stunting ini diharapkan mampu menghasilkan program-program yang bisa segera dilakukan dalam rangka pengurangan atau pencegahan stunting, artinya stunting yang sudah ada atau terjadi bagaimana kedepan bisa dikurangi jumlahnya.

“Kita mulai dari aparat OPD terkait karena memang yang harus menyampaikan ini. Kemudian pihak pemerintah bagaimana memberi pengetahuan yang tepat kepada masyarakat kita, karena stunting ini bukan hanya masalah asupan gizi tetapi juga terhadap pola hidup kita, baik itu lingkungan maupun dalam aktivitas kita sehari-hari. Itulah sebabnya kita dari sisi pemerintah harus terlibat dalam pelaksanaan penurunan dan pencegahan stunting,” ungkapnya.

Selanjutnya, Dr. Ernes Silvanus, S.Pi, MM menambahkan seperti yang diketahui bersama bahwa program RT Bersih yang merupakan program unggulan Kabupaten Malinau yang lebih dahulu ada atau menjadi awal sebelum kegiatan pencegahan stunting. Beliau yakin bahwa RT Bersih sangat terkait dengan kegiatan pencegahan stunting ini.

“Dari beberapa kegiatan, kita sering mengingatkan mengenai sehat dan bersih yang memiliki arti sangat luas, baik bersih dan sehat dalam lingkungan, makanan, prilaku hidup dan ini yang sering kita sampaikan kepada masyarakat sehingga sebenarnya di Malinau tidak terlalu susah untuk membuat program. Tinggal program-program di OPD bagaimana untuk memperkuat program pencegahan dan penurunan stunting ini,” ungkapnya.

"Saya Ada Untuk Semua"
"Bersama Kita Pasti Bisa"
"Salam Harmonis Untuk Kita Semua"

Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?