Pensiun, Drs. Hendris Damus, M.Si Termotivasi Sosok Bupati Dr. Yansen TP, M.Si

pensiun--drs--hendris-damus--m-si--termotivasi-sosok-bupati-dr--yansen-tp--m-si

Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau Drs. Hendris Damus, M.Si tercatat telah menjalani masa kerja sebagai ASN selama 34 tahun dan pada tanggal 31 Januari 2019 merupakan tugas terkahirnya sebagai seorang ASN. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Malinau mengadakan acara Purna Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau yang dilaksanakan di ruang Tebengang kantor Bupati Malinau pada jum’at (01/02/19).

Drs. H.Edy Marwan, M.Si yang pada acara tersebut mewakili seluruh ASN menyampaikan kesan dan pesan untuk Drs. Hendris Damus, M.Si yang telah menyelesaikan tugasnya sebagai ASN di Pemerintah Kabupaten Malinau. Drs. H.Edy Marwan menyampaikan bahwa sosok Hendris Damus bukan hanya sebagai seorang Sekretaris Daerah atau pimpinan tertinggi ASN tetapi beliau telah menjadi seorang ayah juga sahabat untuk semua. Apa yang sudah dilakukan telah menunjukkan suatu kebersamaan. Banyak petuah nasehat yang telah diberikan sehingga beliau merupakan sosok tauladan bagi seluruh ASN Kabupaten Malinau.

Selanjutnya, Drs. Hendris Damus, M.Si merasa terharu karena acara purna tugasnya dilaksanakan dengan  begitu membanggakan baginya. Beliau juga tidak lupa mengucapkan rasa terimaksihnya kepada Bupati Malinau yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk menjabat sebagai sekretaris Daerah Kabupaten Malinau selama kurang lebih 2 tahun 3 bulan.

“Sejujurnya, motivasi ini tidak muncul begitu saja tetapi terinspirasi dari figur seorang pimpinan. Seorang pimpinan yang menurut saya memliki kecerdasan di atas rata-rata, beliau adalah Dr. Yansen TP, M.Si,”ungkapnya yang disambut tepuk tangan meriah dari para tamu undangan.
Terkahir, Drs. Hendris Damus menyampaikan permohonan maafnya kepada seluruh ASN yang telah bekerja bersama-sama dengannya selama mengemban tugas yang diberikan.

Sementara itu, Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si mengatakan bahwa acara yang dilakukan hari ini merupakan momentum yang pasti akan dilalui oleh seluruh ASN yaitu masa pensiun atau purna tugas. Menurutnya, acara seperti ini jika dihadapi dengan suatu kesadaran maka ini adalah acara yang sangat membanggakan untuk semua khususnya yang telah menyelesaikan tugasnya sebagai seorang ASN.

Dr. Yansen, TP juga  menceritakan bagaimana Ia sangat mengenal sosok Hendris Damus secara pribadi karena memang mereka hidup di zaman yang sama serta melalui suka duka bersama dengan perjuangan yang sangat luar biasa dari masa sekolah hingga seperti sekarang. Bupati Malinau menjelaskan bahwa menjalankan tugas sebagai seorang Sekretaris Daerah  bukanlah perkara yang mudah. Sekretaris Daerah pasti akan mendapat banyak tekanan dari atas maupaun bawah serta harus cepat dan berani dalam mengambil keputusan. Ia merasa bahwa Drs. Hendris Damus sudah menyelesaikannya dengan baik dan berharap ini menjadi teladan bagi ASN lainnya.
“Bapak Hendris sudah melakukan tugasnya dengan baik. Mari doakan rekan-rekan yang pensiun lainnya. Harapan saya kalau dulu Bapak menghadap tugas pekerjaan dengan kertas maka sekarang beri teladan dan spirit serta semangat untuk ASN lainnya agar semangat dalam melaksanakan tugasnya,” ungkapnya.

Dr. Yansen TP, M.Si  berpesan kepada seluruh ASN bahwa bawahan atau staf yang baik adalah yang mampu menyikapi arahan pimpinan ketika sedang marah dengan cara yang energik, impusif dan positif. Mampu mencernai atau mengetahui motiv dibalik marahnya pimpinan. Jika itu terjadi maka Ia percaya kelak staf itu akan menjadi pemimpin yang baik.
“Mantan anak buah yang baik adalah pimpinan yang baik. Pimpinan yang baik adalah mantan anak buah yang baik. Oleh sebab itu, jika ingin jadi pemimpin jadilah bawahan yang baik,” ungkapnya.

Tags : Malinau
menu
menu