Penyerahan Bendera Opini, 2 OPD Raih Bendera Biru

penyerahan-bendera-opini--2-opd-raih-bendera-biru

Malinau-Penilaian opini Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Malinau sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu terus berlanjut hingga tahun 2018. Pada tahun ini terdapat 53 OPD yang menjadi sasaran penilaian dimana hasilnya terbagi dalam 10 kategori.

Yang menarik adalah, jika pada tahun-tahun sebelumnya belum ada yang mampu meraih bendera biru, maka pada tahun 2018 yang merupakan penilaian kinerja OPD tahun 2017, terdapat 2 OPD yang mampu meraihnya yaitu Bagian Pembangunan dan Bagian Tata Pemerintahan.

Sebagaimana diketahui, terdapat 4 kategori opini yang diberikan Pemerintah Kabupaten Malinau kepada OPD yaitu kategori sangat baik yang diberi bendera biru, kategori baik dengan bendera coklat, kategori cukup dengan bendera abu-abu dan kategori kurang dengan bendera hitam.

Kepala BPKP Perwakilan Kalimantan Utara Alexander Rubi Satyoadi yang hadir diacara penyerahan bendera opini OPD secara terbuka memuji langkah Pemda Malinau yang melaksanakan opini OPD tesebut.

“Berdasarkan pengalaman kerja saya, penilaian Opini OPD yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Malinau adalah yang pertama diketahuinya. Ada kementerian dan pemerintah daerah yang membuat kebijakan penilaian tapi yang dilaksanakan Malinau berbeda yaitu model penilaian dan bentuk penghargaannya berupa bendera opini” ungkap Alexander.

Sementara itu Bupati Malinau dalam arahannya mengatakan bahwa kinerja Pemerintah Daerah semakin menunjukan perbaikan. 

“Indikator yang bisa kita lihat adalah Opini OPD yang dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal yang penting adalah bahwa selama empat tahun berturut-turut BPK memberikan opini WTP” ungkap Bupati Malinau di hadapan para ASN yang hadir.

Bupati berharap, dengan peningkatan opini ini kesejahteraan masyarakat juga semakin baik sebagai dampak dari perbaikan kinerja pemerintah daerah.

Bupati juga menegaskan bahwa hasil penilaian yang diberikan merupakan kerja obyektif tim yang dibentuk pemerintah daerah dan tidak ada campur tangan dari pihak lainnya.

Seperti diketahui, terdapat 4 aspek dalam penilaian opini OPD yaitu Aspek Tupoksi

Aspek pengelolaan SDM, Aspek pengeloaan keuangan dan Aspek pengelolaan aset. Sedangkan Aspek kinerja individu dipergunakan untuk penilaian kinerja individu ASN.

Tags : Malinau
menu
menu