BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


Per 1 Februari, RS Pratama Long Ampung Dioperasikan

  03 Januari 2017

MALINAUPelusaan pembangunan rumah sakit sudah dipastikan tahun ini. Hal ini diungkapkan dr John Felix Rundupadang MPH Kepala Dinas Kesehatan  Malinau.

“Kami tidak enak jika menggunakan bangunan ini sementara kepastian pembayaran belum clear. Rencananya Januari atau Februari bisa dibayar,”  tegas dr John Felix saat dihubungi media ini terkait rencana operasional rumah sakit pratama perbatasan di Desa Long Ampung Kecamatan Kayan Selatan, tahun 2017 ini.

Lebih lanjut dijelaskan dr John Felix, rencananya hari ini pemerintah daerah mengeluarkan surat keputusan (SK) bupati. Namun, jika belum ada, maka dari Dinas Kesehatan terlebih dahulu menugaskan beberapa staf untuk melakukan penataan terkait kesiapan operasionalisasi Rumah Sakit di Long Ampung tersebut. Secara bersamaan, juga untuk mempersiapkan tes rekrutmen pegawai pada pertengahan Januari ini. “Dengan harapan, pada 1 Februari 2017 nanti, rumah sakit bisa on atau berfungsi,” harap dr John Felix.

Lebih lanjut ditegaskan dr John Felix, dalam perekrutan awal ini lebih fokus dan diutamakan untuk di seluruh wilayah Apau Kayan dalam seleksi tes petugas. Tapi, tidak menutup kemungkinan ada dari luar yang mengisi pada bidang-bidang tertentu. Karena profesi-profesi tertentu yang mungkin tidak miliki oleh tenaga di wilayah Apau Kayan. “Tenaga medis yang bisa mengikuti tes ini yaitu anak-anak yang baru lulus tetapi dengan syarat harus memiliki Surat Tanda Register (STR),” sebut John Felix.

Sebab, sambung dr John Felix, kalau tidak ada STR maka tidak bisa dimanfaatkan  atau dipekerjakan dan memang  secara aturan  tidak diperbolehkan mempekerjakan yang tidak memiliki  sertifikat kompetensi. STR langsung diterbitkan dari Jakarta langsung  dikeluarkan Jakarta setelah dinyatakan lulus uji kompetensi. “Uji kompetensi dilaksanakan dua tahun dua kali,” imbuhnya.

Untuk tahap awal, kata John Felix, dengan anggaran yang sudah tersedia Dinas Kesehatan Malinau mampu merekrut sebanyak 24 orang. Tetapi nanti masih akan tambah lagi tenaga medis dari beberapa Puskesmas  supaya ideal sekitar  36 orang. Karena syarat utamanya dengan tenaga 36 orang ini, rumah sakit pratama perbatasan di Long Ampung sudah bisa beroperasi melayani masyarakat. Namun demikian, secara bertahap masih terus akan tambah tenaga medisnya tergantung perkembangan pasiennya. “Kalau dokter umum kami sediakan 4 orang. Kami lakukan perekrutan sebanyak 3 orang  sedangkan satu dokter umum lagi PNS satu orang. Untuk pelaksanannya nanti, dokter yang sudah PNS atau dokter senior dan di Apau Kayan kita anggap senior dan beliau orang Sungai Boh,” sebut John Felix.

Terkait dengan peralatan dan kelengkapan medis lainnya sebagian sudah cukup. Kecuali untuk radiologi  yang masih belum. Namun, jika pelayanan sekedar operasional pelayanan kesehatan dasar di rumah sakit tersebut sudah bisa berjalan. Pelayanan kesehatan dasar standar, operasi juga bisa tetapi yang operasi kecil-kecil bisa dilakukan di rumah sakit ini. Sedangkan operasi besarnya belum ada. “Intinya, pada 1 Februari sudah rumah sakit di Long Ampung sudah on. Tetapi petugas sudah mulai 3 Januari ini kami tunjuk untuk mempersiapkan itu. Listriknya pun, kami punya genset dan ada solarsell di Long Ampung. Itu yang akan membantu nantinya,” tukasnya.(ida/aan)

sumber : kaltara.prokal.co

Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?