Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017

peringatan-hari-pahlawan-tahun-2017

Malinau - Peringatan hari pahlawan 10 November tahun  2017 dengan tema “PERKOKOH PERSATUAN MEMBANGUN NEGERI “ dengan bersatu sebagai suatu bangsa maka kita  dapat maju bersama-sama  dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh rakyat Indonesia. Hari Pahlawan yang kita peringati saat ini berdasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah proklamasi dunia, yakni peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai Ras, Suku, Agama, Budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

 

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya, kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia.

 

Saat ini harapan akan masa depan yang lebih baik telah ditambatkan oleh pemerintahan Presiden bapak Joko Widodo dan Wakil Presiden bapak H. Muhammad Jusuf Kalla melalui sebuah visi tranformatif yang mengarahkan dan menghimpun gerak seluruh elemen Republik Indonesia yakni : Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, Mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong. Dalam kerangka mewujudkan visi tersebut telah dirumuskan sembilan agenda prioritas pemerintah kedepan yang disebut Nawa Cita yang dikategorisasikan kedalam tiga ranah; ranah mental-kultural, ranah ekonomi dan ranah politik. Ketiga ranah pembanguan tersebut bisa dibedakan tapi tak dapat dipisahkan. Satu sama lain saling memerlukan persatuan secara senergis.

 

Sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang, marilah kita  melakukan hening serentak pada tanggal 10 Nopember 2017 pukul 08.15 waktu setempat. Pada kesempatan yang baik kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja berkarya menjadi pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini. Demikian sambutan menteri sosial Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansa yang dibacakan oleh Wakil Bupati Malinau Topan Amrullah, S.Pd, M.Si pada upacara memperingati hari pahlawan 10 November 2017 yang berlangsung dihalaman Kantor Bupati Malinau, yang diikuti oleh FKPD, Anggota DPRD, Sekretaris Daerah, Asisten, Kepala OPD, ASN, TNI, Polri, Ormas, Kepala Desa, Ketua RT dan siswa siswi pelajar Kabupaten Malinau. HMS, 03/06.

sumber : humas.malinau.go.id

Tags : Malinau
menu
menu