BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


Peringati HUT Ke- 51 Desa Setulang, Bupati Malinau Ingin Masyarakat Bangkit dengan Budayanya

  30 September 2019

Malinau- Momentum memperingati HUT Desa Setulang Ke- 51 ini diharapkan masyarakatnya mampu bangkit dengan sungguh-sungguh untuk mengubah hidupnya lebih baik lagi agar desa ini benar-benar mampu menunjukkan jati diri sebagai Desa Wisata. Demikian disampaikan Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si dalam sambutannya pada acara Festival Seni Budaya “Oma Lung” dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Setulang Ke- 51, pada Jum’at (27/09).

Sebagaimana yang dipahami dan disadari bersama bahwa Negara Indonesia memiliki lambang dan pilar yang salah satunya yaitu Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu. Berkaitan dengan hal itu, Dr. Yansen mengingatkan bahwa Indonesia ini sudah tergambar dengan jelas memiliki perbedaan-perbedaan yang nyata. Baik dalam aspek kehidupan sosial, ekonomi, juga yang utama adalah memiliki keanekaragaman budaya yang sangat luar biasa di bumi pertiwi terlebih pula di Kabupaten Malinau.

“Sebut saja Desa Setulang yang menjadi desa pertama yang dikokohkan sebagai Desa Wisata yang beretniskan Oma Lung dengan aneka ragam budaya masyarakatnya,” ujarnya.

Dengan mewujudkan tekad semangat berbangsa dan bernegara yang utuh di Malinau ini, Dr. Yansen mendorong seluruh etnis dan suku budaya yang ada harus mempersentasikan budayanya dengan jelas dan tegas demi memperkaya budaya bangsa di Kabupaten Malinau.

“Seperti yang kita saksikan hari ini apa yang ditampilkan dalam Festival Seni Budaya Oma Lung, kita harapkan kedepan akan semakin indah dalam model, semakin menampakkan wujud yang nyata dalam sebuah tekad kearifan lokal dan menyatukan diri menjadi satu kesatuan budaya yang ada di Kabupaten Malinau,” ungkapnya.

Selanjutnya, Dr. Yansen berharap kepada masyarakat Desa Setulang khususnya pada perayaan HUT ke- 51 ini, agar menunjukkan jati diri budaya Oma Lung yang sesungguhnya, yang harus dijunjung tinggi dan diperkenalkan kepada dunia bahwa inilah Desa Setulang.

“Kenapa dunia? Hari ini pasti banyak orang foto-foto kemudian posting kemana-mana dan semua sudah mengetahui bahwa ada kegiatan Festival Budaya Oma Lung di Desa Setulang. Dari sekian yang melihat, membaca dan mengikuti beritanya pasti akan punya rencana untuk hadir dan menikmati budaya desanya,” ungkapnya.

Perlu diingat kata Dr. Yansen, bahwa salah satu tekad membangun Malinau ialah mewujudkan Kabupaten Malinau sebagai Kabupaten Pariwisata.

“Kenapa? Karena di Desa Setulanglah salah satu modelnya, dengan budayanya, dengan tanah ulennya, dengan beberapa potensinya yang patut kita banggakan, patut dijadikan kekuatan dan itu tidak dimain-mainkan hanya karena ada program saja tetapi sampai kapanpun wisata itu harus tetap utuh dan terjaga,” ungkapnya lagi.

“Kepada semua tokoh dan terlebih tokoh pemuda yang ada di Desa Setulang. Kalian harus sadar bahwa kalian adalah masa depan Desa Setulang, kalau hari ini kita saksikan 51 tahun usianya, model ragam budayanya seperti ini, kedepan harus lebih baik dan lebih meningkat lagi pada masa yang akan datang. Jadi peringatan HUT ke 51 ini tidak hanya sekedar seremonial semata tetapi ada tekad untuk bangkit dan berubah menjadi lebih baik dengan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Oma Lung,” tuturnya.

"Saya Ada Untuk Semua"
"Bersama Kita Pasti Bisa"
"Salam Harmonis Untuk Kita Semua”

Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?