BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


RSUD Komitmen Ciptakan Green Hospital

  19 Oktober 2016

MALINAU - Badan Layanaan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Malinau saat ini sedang menggalakkan program penanaman bunga dan penataan taman  di seluruh areal rumah sakit.

Tak tanggung-tanggung, kegiatan ini juga dilombakan secara langsung dan penilaiannya akan digelar satu bulan berikutnya setelah tanaman yang ditanam itu sudah terlihat tumbuh.

Direktur BLUD RSUD Malinau dr. AGustine Asie SpB menegaskan, program penataan taman rumah sakit ini tidak lain untuk menciptakan green hospital. Salah satunya untuk mendukung program penghijauan lingkungan.

Dalam program ini, yang menjadi pelaku untuk menanam dan menata taman rumah sakit adalah para tenaga kesehatan dari masing-masing ruangan yang ada di rumah sakit. Karena, mereka yang menanam bunga-bunga, mereka yang merawat dan menjaganya.

“Supaya mereka ada rasa memiliki di tempat sekeliling tempat kerja mereka di samping untuk memperindah rumah sakit itu sendiri,” tegas dr. Agustine Asie.

Tujuan lainya, terang dr Agustine Asie, dengan banyak bunga-bunga dan indah diharapkan dapat memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung agar lebih senang datang ke rumah sakit.

Selain itu, dari pihak rumah sakit sendiri sudah sekitar 5 bulan lalu berusaha mengurangi limbah plastik di rumah sakit. Sebab, kunjungan rawat jalan saja di rumah sakit selama satu tahun sekitar 15 ribu di poli klinik dan IGD.

“Belum lagi untuk kunjungan rawat inap, satu hari 80 pasien dalam sehari. Nah, tinggal kalikan aja  selama satu tahun,” tegas dokter spesialis bedah RSUD Malinau ini.

Lebih lanjut dr. Agustin Asie menegaskan dengan jumlah pasien seperti itu maka diperkirakan ada sekitar 15 kantong plastik tempat yang pasti dibuang dan menjadi sampah karena tidak bisa digunakan lagi karena ukuran kecil. Pada akhirnya, kondisi tanah di Kabupaten Malinau ini akan tercemar limbah plastik.

Karena itu, seluruh manajemen rumah sakit Malinau memutuskan bahwa untuk penyerahan obat kepada keluarga pasien tidak lagi menggunakan kantong plastik. Apalagi sudah ada edaran dari kementerian lingkungan hidup agar semua pihak dapat mengurangi limbah plastik.

“Ini baru satu yang kami bisa lakukan untuk penghematan di rumah sakit, limbah plastic di rumah sakit itu sangat banyak. Karena kantong-kantong sampah itu harus pakai plastic dan memang tidak bisa dihindari,” terangnya.

Oleh karena itu, seluruh manajemen rumah sakit mengharapkan agar para pengunjung rumah sakit yang berobat agar dapat membawa tas sebagai tempat obatnya nanti. Namun demikian, pihak rumah sakit juga sedang mencari cara untuk mencetak tas yang nantinya bisa digunakan berulang-ulang yang berbahan kain, sehingga tidak terbuang percuma.

“Karena konsen kami bukan hanya untuk peduli pada pasien, tetapi berusaha juga untuk peduli terhadap lingkungan,” tegasnya. (ida)

Widayat/radar tarakan

sumber : kaltara.prokal.co

Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?