RT Bersih Bukan hanya Sanitasi

rt-bersih-bukan-hanya-sanitasi

MALINAU - Pelaksanaan RT Bersih sebagai salah satu program unggulan daerah tidak lepas dari gerakan kebersihan secara menyeluruh di lingkungan rumah atau Rukun Tetagga (RT).  Sehingga diharapkan adanya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat setelah berjalanya program  RT Bersih.

Namun masyarakat harus diarahkan untuk memahami program ini lebih dari sekadar konteks sanitasi semata, sebab RT Bersih juga merupakan konsep yang harus diterapkan masyarakat melalui pola pikir dan perilaku dalam konteks sosial, agama dan kepribadian.

“Bahwa dalam pelaksanaan program RT Bersih, setiap instansi baik pemerintah maupun swasta dituntut untuk mendorong masyarakat menggencarkan setiap program pembangunan sesuai dengan lini masing-masing. Sehingga terjadi percepatan pembangunan yang diharapkan, dimana dalam hal ini rt sebagai unsur terkecil dalam struktur masyarakat merupakan pelaku utama pembangunan,” ungkap Makson Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa beberapa waktu lalu.

Sejalan dengan apa yang telah diharapkan Pemerintah Daerah. B Hernos, Sekretaris Desa Sempayang yang dimintai tanggapannya juga telah mengarahkan warganya mengenai peran serta Rtbersih.  “Terkait hal ini, sesuai dengan arahan pemerintah daerah. Kita telah mengarahkan masyarakat untuk memahami konsep rt bersih pada pola penyelesaian masalah-masalah sosial,” jelasnya.

Dengan demikian, apa yang dicita-citakan pemerintah daerah yakni terwujudnya Kabupaten Malinau yang aman dan sejahtera bisa segera terwujud. Serta peran dari Rt, desa dan masyarakat bisa saling mendukung dan berkesinambungan. (ewy/puu)

sumber : kaltara.prokal.co

EKO WIJIYANTO/RADAR TARAKAN

Tags : Malinau
menu
menu