BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


Satukan Langkah Membangun Malinau

  24 Mei 2016

 MALINAU–Bupati Malinau Dr Yansen TP MSi, Senin (23/5) kemarin, membuka secara resmi acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Ruang Tebengan, Kantor Bupati Malinau. Rakerda yang mengawali semua proses penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Malinau lima tahun ke depan ini dihadiri seluruh pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Malinau, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Malinau beserta anggota, Wakil Bupati Malinau dan serta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Malinau dari tingkat desa hingga kabupaten.

“Rakerda ini dalam rangka mengawali semua proses penyelenggaraan pemerintahan lima tahun ke depan. Sebagaimana yang menjadi komitmen kita, akan mengawalinya dengan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Malinau 2016–2021, serta menyusun Rencana Keraja Pemerintah Daerah (RKPD) dan selanjutnya nanti akan menjadi dokumen resmi pemerintah daerah yang menjadi dasar penyelenggaraan pemerintahan dan juga akan menyusun Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) pada setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD),” kata Bupati Yansen TP saat mengawali sambutannya di hadapan seluruh peserta Rakerda, Senin (23/5).

Dengan dilaksanakannya Rakerda ini, ditegaskan bupati, maka wajib bagi semua memahami, mengerti dan dapat menguasai dengan baik pemikiran-pemikiran strategis dan kebijakan-kebijakan yang akan diambil ke depan. Sehingga dalam pelaksanaan selama lima tahun ke depan betul-betul menumpahkan perhatian, tenaga, daya dan pikiran untuk membangun Malinau. “Hal ini sangat penting bagi kita semua, karena tanggung jawab kita untuk mewujudkan pembangunan Malinau ini harus kita satukan dalam semua gerak langkah pada institusi kita masing-masing,” ucapnya.

Sebagaimana pengalaman menjalani pembangunan di Kabupaten Malinau yang sudah hampir 17 tahun semenjak terbentuknya kabupaten, Malinau sudah cukup mencapai prestasi yang membanggakan, mulai dari proses dan penyelenggaraan pemerintahan awal terbentuknya Kabupaten Malinau dengan empat proses penyelenggaraan pemerintahan, periode pertama, kedua, ketiga dan hingga memasuki proses periode keempat kepemimpinan Malinau. “Kita semua harus bertanggung jawab untuk bagaimana Malinau ke depan, apa yang kita lakukan hari ini adalah cermin gambaran arah kebijakan dan capaian pembangunan Malinau,” sebutnya.

Belajar dari pengalaman-pengalaman yang sudah dihadapi bersama, lanjut Yansen, secara pribadi dan sebagai pimpinan daerah, dia wajib mengajak semua pelaku-pelaku pembangunan, baik dari tingkat RT, tingkat desa, kecamatan, SKPD, semua elemen masyarakat pada umumnya dan juga swasta. Selain itu, juga pada level stake holder daerah, seperti pemerintah daerah, DPRD, Polres Malinau,  Kodim 0910 Malinau, Kejaksaan Negeri Malinau, Pengadilan Negeri Malinau, karena semua merupakan satu kekuatan pembangunan. “Tentunya kita semua menyadari adanya kita dalam tanggungjawab ini bukan karena di kita, tapi karena panggilan tugas yang diembankan pada fungsi kita masing-masing,” tuturnya.

“Untuk itu, tentulah dengan hati nurani kita sebagai pengabdi wajib memberikan sumbangan terbaik kita dalam membangun Kabupaten Malinau ini. Bukan justru kita menimbulkan persoalan dan masalah yang harus kita hadapi bersama. Laju dan lambatnya proses penyelenggaraan pembangunan tergantung sikap kita semua,” sambungnya.

Pada kesempatan itu pula, Yansen TP  yang menjabat kembali sebagai bupati untuk periode kedua yaitu masa jabatan 2016–2021 ini, mengajak semua yang hadir pada Rakerda tersebut, khususnya pada level pemerintahan desa, kecamatan dan kabupaten, bagaimana semua menyatukan semangat, menyatukan gerak langkah untuk melangkah dengan prospektif Malinau yang Maju dan Sejahtera.  “Apapun bentuknya, Maju dan Sejahtera adalah konsep hidup masyarakat Malinau yang kita sudah sepakati bersama dan itu harus kita lakukan dengan tanggung jawab moral kita, tanggung jawab kita sebagai abdi dalam tugas dan fungsi kita masing-masing,” tegasnya.

Dalam acara Rakerda ini, bupati bersama-sama pimpinan FKPD, secara khusus Kapolres Malinau AKBP Wiwin Firta YAP, SIK, Dandim 0910 Malinau Letkol Inf Andy Mustafa Akad SE dan Kajari Malinau Yudi Triadi SH MH berkesempatan menyampaikan program kerja masing-masing sesuai fungsinya. Agar melangkah dengan jelas ke depan, di kesempatan itu, bupati menyampaikan prospektif pembangunan Malinau untuk lima tahun ke depan, sehingga nantinya memiliki dokumen yang jelas. Karena menurutnya, Malinau ke depan menjadi tanggung jawab bersama. Oleh sebab itu, dia meminta jangan lagi pada saat melangkah ke depan nanti ada hal-hal pandangan yang menganggap langkah ini langkah yang perlu dikoreksi lagi.

“Langkah yang kita lakukan adalah langkah bersama, dokumen resmi yang kita sepakati bersama, ke depan tidak ada satupun orang lagi yang bersikap berdiri di pinggir, atau berdiri di tengah, merintangi perjalanan ke depan,” tuntasnya. (ags/fly)

sumber : kaltara.prokal.co

Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?