Semarak dan Euforia HUT RI Mulai Terasa

semarak-dan-euforia-hut-ri-mulai-terasa

MALINAU – Tinggal di kabupaten yang hampir sebagian besar wilayahnya berada di daerah perbatasan dengan Negara tetangga,  tak menyurutkan jiwa nasionalisme masyarakat Malinau menyambut peringatan HUT RI ke-72, Kamis (17/8) mendatang.

Suasana semarak dan euforia pun mulai terasa dan tampak di berbagai sudut wilayah. Bahkan di antaranya menyambut perayaan HUT Ri dengan cara yang unik.

Seperti yang dilakukan oleh Kepala Sekolah Dasar (SD) negeri 008 Malinau Utara, Yatim   beserta guru. Mereka berinisiatif melakukan pemasangan bendera merah putih dengan berbagai ukuran mengelilingi lingkungan sekolah.

 “Ada 17 lembar ukuran sedang dan bendera kecil sebanyak 115 lembar,”sebut Yatim.

Lebih lanjut dijelaskan Yatim, jumlah bendera ukuran tersebut diadakan mewakili  jumlah guru yang mengajar yakni, guru yang aktif mengajar untuk bendera ukuran sendang dan bendera kecil menggambarkan jumlah murid yang ada di sekolah tersebut.

"Ini bentuk penghormatan kami terhadap perjuangan para pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia dan ini juga upaya kami memeriahkan HUT RI ke-72 tahun 2017 ini," jelas Yatim.

Tak hanya di sekolah, di rumah warga Desa Malinau Seberang misalnya, Masriati (54), seorang janda dengan 4 anak dan 4 cucu ini memasang 10 bendera merah putih di depan rumahnya. Jumlah tersebut menggambarkan banyaknya anggota rumah tangga.

"Saya memang mendengar dari tetangga tentang imbauan dari pemerintah daerah untuk memasang bendera sejumlah anggota rumah tangganya. Namun ini bukan terpaksa, ini karena rasa nasionalisme kami," ujar Masriati seraya mengatakan bahwa sebelum ada imbauan tersebut dirinya memang sudah berniat untuk memasang 10 bendera untuk memeriahkan HUT kemerdekaan RI tahun ini.

Secara terpisah, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten (Setkab) Malinau, Drs. H. Edy Marwan,M.Si mengatakan sebelumnya Pemkab Malinau melalui Bagian Tata Pemerintahan telah mengirimkan surat edaran yang ditanda tangani Bupati Malinau ke desa-desa dan  mengimbau agar masyarakat memasang bendera sesuai jumlah anggota keluarganya untuk menyemarakkan HUT RI ke-72.

"Bulan Juli lalu kami sudah kirimkan surat edaran itu ke desa-desa agar masyarakat bisa menyiapkan bendera tersebut" ujar H. Edy Marwan."Tahun ini kami baru melaksanakan pemasangan bendera sejumlah anggota keluarga ini, dan saya yakin akan lebih terlihat kemeriahannya" tambahnya. (diskominfo/ags/zia)

 sumber : kaltara.prokal.co
 
Tags : Malinau
menu
menu