Susun RKPD 2020, Prioritaskan Aspirasi Masyarakat

susun-rkpd-2020--prioritaskan-aspirasi-masyarakat

Malinau - Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) merupakan amanat rakyat kepada pemerintah daerah untuk mewujudkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat. Disisi pemerintah daerah perwujudan amanat masyarakat ini dinyatakan dalam bentuk rencana kerja yang dikeluarkan dalam program dan kegiatan yang akan dilaksanakan dengan menggunakan sumber daya yang ada. Dengan demikian penyusunan anggaran daerah harus berorientasi kepada masyarakat atau publik.

“Saya harapkan perencanaan ini benar-benar dapat menyerap aspirasi masyarakat sehingga pemikiran utama perencanaan pembangunan yang digulirkan oleh pemerintah dapat diselaraskan dengan aspirasi yang berkembang di lapisan masyarakat. Kebijakan ini telah menjadi siklus perencanaan pembangunan serta menjadi tuntutan reformasi dalam bidang perencanaan yang dikenal dengan istilah bottom up planing,” ungkap Dr. Ernes Silvanus, S.Pi, MM mewakili Bupati Malinau dalam pembukaan Musrenbang tahun anggaran 2020 yang dilaksanakan di ruang Tebengang Kantor Bupati Malinau, pada Rabu (27/03/19).

Perencanaan pembangunan yang baik harus menjadi petunjuk arah tentang apa yang menjadi kebutuhan masyarakat agar menjadi target yang jelas dan terukur. Untuk itu, Dr. Ernes meminta kepada Bapeda agar melakukan verifikasi terhadap indikator target kinerja, program kegiatan perangkat daerah agar dapat dimanfaatkan sebaik mungkin hingga dapat menghasilkan peningkatan kesejahteraan untuk kepentingan masyarakat.

“Saya harapkan dalam penyusunan recana kerja perangkat daerah lebih memprioritaskan program dan kegiatan yang menuntun masyarakat secara langsung serta melakukan penghematan pada belanja pemerintah yang sifatnya profesional,” ujarnya.

Sebaik apapun perencanaan yang disusun pemerintah lanjutnya, tidak akan memberikan arti apa-apa apabila dalam tahap pelaksanaan dan pengendaliannya tidak berjalan dengan baik.

“Saya sangat mengharapkan keikutsertaan masyarakat sebagai stakeholder dalam memantau kinerja pemerintah sehingga semakin meningkatkan trasparansi, akuntabilitas dalam mengakomodasi kepentingan masyarakat serta pelaksanaan kegiatan pemerintahan dapat berjalan sesuai dengan perencanaan dan ketentuan yang berlaku,” ujarnya

“Saya Ada Untuk Semua”
“Bersama Kita Pasti Bisa"
“Salam Harmonis Untuk Kita Semua”

Tags : Malinau
menu
menu