Tim Eksplorasi Balai Taman Nasional Kayan Mentarang Temukan 135 Jenis Anggrek di Sungai Iwan

tim-eksplorasi-balai-taman-nasional-kayan-mentarang-temukan-135-jenis-anggrek-di-sungai-iwan

Malinau - Taman Nasional Kayan Mentarang merupakan salah satu kawasan konservasi yang termasuk dalam kawasan Heart of Borneo (HoB), yang terbentang hampir di sepanjang batas Negara di Provinsi Kalimantan Utara, dengan potensi keanekaragaman hayati yang sangat tinggi.

Balai Taman Nasional Kayan Mentarang terus berupaya menggali potensi tersebut yang salah satunya melalui kegiatan Eksplorasi Flora Anggrek bekerjasama dengan LIPI Eka Karya Bali di SPTN Wilayah III Long Ampung tepatnya di Resort Long Nawang Wilayah Sungai Iwan.

Dengan metode jelajah dan inventarisasi dengan random sampling, eksplorasi ini mencatat sebanyak 135 jenis anggrek dari 31 marga. Jumlah spesies terbanyak adalah dari marga Bulbophyllum yaitu sebanyak 32 jenis diikuti marga Dendrobium sebanyak 25 jenis, marga Eria sebanyak 16 jenis dan marga Coelogyne sebanyak 12 jenis.

Hasil ekplorasi anggrek ini menggerak respon dari Kepala Balai Taman Nasional Kayan Mentarang Johnny Lagawurin yang menyakini bahwa masih banyak lagi jenis anggrek (Orchidaceae) yang tersebar populasinya di kawasan Taman Nasional Kayan Mentarang.

Menurutnya, potensi anggrek ini harus terekspose secara terus menerus di publik sebagai kekayaan alam nasional yang patut di jaga dan di lestarikan.

“ini baru di kawasan sungai iwan yang teridentifikasi, di kawasan TNKM seluas 1,27 juta hektar ini, diyakini masih banyak jenis anggrek lainnya yang belum teridentifikasi di habitatnya baik di wilayah kerja Seksi PTN Wil I maupun di Seksi PTN Wil II, TNKM. Sementara ini akan terus kita pantau perkembangannya agar kita dapat menentukan langkah selanjutnya untuk membuka akses informasi mengenai anggrek di kawasan ini.” Demikian ungkap Johnny baru-baru ini.

Berdasarkan informasi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia tahun 2014, kekayaan flora di Indonesia setara dengan 15,5 % keanekaragaman flora di dunia namun belum seluruhnya terdokumentasi dalam publikasi flora secara lengkap terutama utk habitat yg ada di Pulau Kalimantan, khususnya di Taman Nasional Kayan Mentarang. Disamping itu terdapat lebih dari 5000 jenis anggrek ada di Indonesia dan 3000 di antaranya terdapat di Kalimantan.

Tags : Malinau
menu
menu