Tingkatkan SDM Pengelolaan Desa Wisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gelar Pelatihan

tingkatkan-sdm-pengelolaan-desa-wisata--dinas-kebudayaan-dan-pariwisata-gelar-pelatihan

Malinau - Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau melalui Dinas Kabudayaan dan Pariwisata menjalin kerjasama dengan Bankkaltimtara mengadakan kegiatan Pelatihan peningkatan SDM pengelola desa wisata, yang dilaksanakan di ruang Laga Feratu lantai III Kantor Bupati Malinau, pada Senin (20/05/19). Kegiatan pelatihan ini mengusung tema “Dengan Semangat Gerdema Kita Tingkatkan Pemberdayaan Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Rangka Pengembangan Desa Wisata Di lingkungan Kabupaten Malinau”. Adapun narasumber yang diundang untuk menyampaikan materi berasal dari luar daerah yaitu Udi Hartoko (Kepala Desa Pujan Kidu) dan Purnomo HM Anshori (Ketua Pokdarwis Desa Wisata Gubug Klakah).

Kegiatan pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Malinau Topan Amrullah, S.Pd, M.Si. Sebelum membuka secara resmi Wabup Topan membacakan sambutan tertulis dari Bupati Malinau yang mengatakan bahwa berdasarkan UU nomor 10 tahun 2009 tentang kepariwisata yang merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang dilakukan secara sistematis, terencana serta bertanggung jawab dengan tetap memberikan perlindungan terhadap nilai-nilai agama, budaya, kelestarian dan mutu lingkungan hidup serta kepentingan nasional.

Apa yang sudah dilakukan hingga saat ini jelas Wabup Topan, secara relevan menjadi kebutuhan mendasar untuk terus berkembang dan menumbuhkan kesadaran dalam kepariwisataan khususnya dinamika desa-desa wisata yang ada, agar mempersiapkan dan membenahi diri untuk menjadi desa wisata yang handal yang mampu menampilkan berbagai keunggulan serta daya tariknya sehingga memikat para wisatawan untuk berkunjung, yang mana hal ini dapat juga menciptakan berbagai peluang usaha di dalam masyarakat desa wisata itu sendiri.

“Dimohon keseriusan dari para peserta yang mengikuti pelatihan sebagai pelaku dan pengelolaan kepariwisataan di desa masing-masing agar mampu memahami apa yang akan disampaikan narasumber serta memanfaatkan kesempatan ini dengan baik,” ujarnya.

Selanjutnya, Wabup Topan mewakili pemerintah daerah mengucapkan terim kasih kepada Bankkaltimtara yang telah menunjukkan kepeduliannya terhadap pengembangan pembangunan daerah yang salah satunya berada di bidang kepariwisataan untuk lebih ditingkatkan serta dimanfaatkan dengan baik.

“Semoga kerjasama seperti ini membawa dampak positif bagi kepariwisataan kita. Dan terima kasih kepada para narasumber yang berkenan hadir untuk memberikan pelatihan bagi pelaku wisata di Kabupaten Malinau,” ujarnya.

Tags : Malinau
menu
menu