Ujian Semesteran di SMAN 8 Mirip Seleksi Tes CPNS

ujian-semesteran-di-sman-8-mirip-seleksi-tes-cpns

MALINAU-Terobosan baru telah dilakukan bagi SMA Negeri 8 Malinau. Yaitu dengan menggelar pelaksanaan ujian semester untuk siswa kelas 10 dan 11 dalam satu gedung yang dipusatkan di gedung olah raga (GOR) sekolah.

 “Pelaksanaan ujian semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 ini juga disepakati danditetapkan dalam sebuah   rapat pleno dewan guru di sekolahSMA 8, meski sudah ada panitia tersendiri,”  kata Kepala Sekolah SMA Negeri 8 Malinau Niklas MTh kepada media inisaat ditemui di ruang kerjanya Sabtu (3/11) kemarin.

Niklas menjelaskan, dalam pelaksanaan ujian semester yang digelar secara bersamaan dalam GOR sekolah itu dianggap lebih efektif daripada yang dilaksanakan di dalam ruang-ruang rombongan belajar atau dikelas. Bahkan diklaim, hasil atau nilainya nanti lebih murni karena para siswa tidak bisa berbuat apa-apa selama pelaksanaan ujian lantaran diawasi para guru sebanyak 18 orang. Tidak bisa memberikan bantuan kepada temannya, tidak bisa menyontek karena tas beserta isinya juga berada di luar gedung. 

Kursi dan meja siswa juga sudah diperiksa dan disterilkan oleh pengawas. Susunan kursinya juga dibuat system silang yaitu baris pertama kelas 10, baris kedua  siswa kelas 11, baris ketiga siswa kelas 10 lagi dan baris keempat  siswa kelas 11 lagi. Begitu seterusnya. Sedangkan ujian semester siswa kelas 12 digelar di ruang kelas. “Kita siapkan radio HT yang bisa terkoneksi langsung dengan kepala sekolah dengan panitia atau guru pegawas serta Satpam di GOR untuk memudahkan koordinasi,” jelas mantan guru SMP Negeri 1 Malinau Kota ini.

NIkas menegaskan, ini baru pertama kali dan baru satu-satunya sekolah yang melaksanakan ujian semester dalam satu ruangan seperti layaknya pelaksanaan tes CPNS atau pendaftaran calon mahasiswa baru. Bahkan langsung di upload dalam forum grup kepala sekolah se Kaltara, dan menimbulkan banyak pertanyaan dari sisi teknisnya, mulai dari teknis pengawasannya  hinggapengaturan kursi dan jaminan kemurnian dari hasil semester tersebut. “Saya bilang tetap aman dan tertib dan terjamin, karena pengawas juga dari belakang, dari atas dan ada juga dari sela-sela barisan kursi dan meja,” ungkapnya.

Niklas menyebutkan, ada 9 kelas atau rombongan belajar yang ikut dalam ujian semester dalam satu ruangan GOR ini. Yaitu kelas 10 ada 6 kelas dan 3 kelas bagi siswa kelas 11. Setiap kelas ada yang berjumlah 32 siswa dan bahkan ada yang lebih.“Jadi, jumlah total secara keseluruhannya, siswa SMA negeri 8 yang ikut ujian semesteran ini sebanyak 350 siswa dari kelas 10 hingga kelas 12 dan ujiannya menggunakan lembar jawaban komputer (LJK),” tuturnya.

Untuk soalnya, imbuh Niklas, untuk kelas 10 dan 11 ini dalambentuk esay semua. Sedangkan untuk kelas 12 itu soalnya adayang pilihan ganda dan ada juga yang esay. “Namun sudah dibedakan antara mata pelajaran eksak dengan non eksak itu jumlah soalnya berbeda,” tukasnya.(ida/aan)

sumber : kaltara.prokal.co

 

Tags : Malinau
menu
menu