Wabup Lepas Pawai Sambut Ramadhan

wabup-lepas-pawai-sambut-ramadhan

Malinau - Meski tinggal menghitung hari namun kehadiran bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah sudah sangat dinantikan. Untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Malinau mengadakan Pawai Ta’aruf yang dilaksanakan di Siring Sungai Sesayap Desa Seluwing dan diakhiri di Masjid Jami At-Taqwa Desa Malinau Seberang, pada Sabtu (04/05/19). Pawai Ta’aruf ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Malinau Topan Amrullah, S.Pd, M.Si.

Sebelum membuka acara, Wakil Bupati Malinau Topan Amrullah, S.Pd, M.Si dalam arahannya mengatakan bahwa pawai ta’aruf ini adalah bagian dari agenda dalam memasuki bulan suci Ramadhan. Di tempat-tempat lain seyogyanya diikuti dengan tarhib Ramadhan. Ibarat orang yang mau bertempur atau mengikuti perlombaan maka harus ada persiapan-persiapannya.

“Kegiatan pawai ta’aruf hari ini adalah bagian dari upaya untuk mengingatkan kita semua khususnya umat Islam di Kabupaten Malinau bahwa dalam beberapa hari kedepan kita akan sudah memasuki bulan Ramadhan,” ujarnya.

Kemudian, Wabup Topan mengibaratkan bahwa kegiatan ini seperti orang yang mau melaksanakan aktivitas maka sebelum melaksanakan aktivitas tersebut tentu ada persiapan-persiapan. “Jadi hari ini kita diingatkan bahwa 2 atau 3 hari kedepan kita sudah memasuki bulan Ramadhan supaya tidak kaget,” imbuhnya.

“Jangan sampai ibarat orang yang ikut bertanding tidak ada persiapan tiba-tiba langsung ikut lari, memang semangat luar biasa tetapi baru 10 meter nafasnya sudah habis ngos-ngosan, kenapa? Karena tidak ada persiapan,” imbuhnya lagi.

Selanjutnya, Wabup Topan menghimbau kepada pengelola acara, jika dilihat dari peserta pawai banyak diikuti oleh pelajar sekolah, madrasah dan pondok pesantren. Kedepan semua unsur ormas dan pengurus masjid atau irma juga diharapkan hadir untuk lebih memeriahkan acara pawai ta’aruf ini.

“Jadi syiar Islam ini harus kita gaungkan, agar masyarakat muslim itu tahu bahwa sebentar lagi kita memasuki bulan Ramadhan,” ujarnya

Wabup Topan juga berpesan kepada para peserta agar berhati-hati di jalan karena jalur yang digunakan untuk pawai ta’aruf melalui jalur kota. Untuk itu, para guru dan orang tua dimohon agar mendampingi murid-muridnya selama mengikuti pawai.

“Karena melalui jalur kota dan cukup padat tolong nanti para guru dan orang tua yang mendampingi peserta khususnya anak-anak supaya tertib, rapi di perjalanan sehingga berangkat dari sini dalam keadan sehat sampai tempat tujuan juga dalam keadaan sehat,” ujarnya.

“Harapan kita kegiatan ini tidak berhenti disini. Mudah-mudahan di dalam bulan Ramadhan ada juga kegiatan-kegiatan lain semacam ini yang bisa kita jalankan. Kegiatan semacam ini harus kita maksimalkan pelaksanaannya,” ungkapnya.

Tags : Malinau
menu
menu