BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


BPS Launching Website Desa Malinau Hilir

  28 Oktober 2021

Malinau- BPS Kabupaten Malinau melaunching website Desa Malinau Hilir dalam rangka pembinaan Desa Cantik (Desa Cinta Statistik) yang berlangsung di Balai Kesenian dan Kepemudaan Desa Malinau Hilir, pada Kamis (28/10).

 

Desa Cantik merupakan program terobosan BPS dalam rangka melakukan pembinaan statistik sektoral. Hal ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997.

 

“Disini kita ingin mengawal kebijakan pemerintah terkait Satu Data Indonesia (SID). Maka yang perlu kita siapkan adalah bagaimana aparatur desa mampu mengelola datanya sehingga nanti ikut mendukung terhadap pencapaian program Satu Data Indonesia ini,” ujar Kepala BPS Kabupaten Malinau Supriyanto, S.ST.

 

Terpilihnya Desa Malinau Hilir ini sendiri kata Supriyanto dilihat dari potensi yang dimiliki. 

 

“Awalnya kita memasukkan Malinau Kota, kemudian tiba-tiba ada tambahan terkait program Desa Cantik ini yaitu potensinya. Dan kita melihat dari sekian desa yang kita pelajari yang memiliki potensi cukup bagus adalah Malinau Hilir,” jelasnya.

 

“Kemudian kita melihat background dari penduduk desa. Malinau Kota kita melihat rata-rata penduduknya adalah penduduk lokal. Sedangkan Malinau Hilir dibentuk dari pecahan Malinau Kota yang rata-rata penduduknya adalah pendatang. Ini kita lakukan sekaligus sebagai studi buat kita untuk melihat bagaimana proses responsibilitas terkait dengan program ini,” imbuhnya.

 

Melalui launching ini, Supriyanto berharap Desa Malinau Hilir bisa menjadi roll mode untuk desa lainnya.

 

Sementara itu, Kepala Desa Malinau Hilir Suwardi mengatakan bahwa launching ini tidak hanya seremonial semata tetapi menjadi awal dari kebangkitan masyarakat desa dalam menggunakan teknologi khususnya yang berkaitan dengan informasi yang sekarang mau tidak mau, suka tidak suka harus dilakukan. Mengingat kegiatan-kegiatan sekarang banyak menggunakan teknologi.

 

“Kami berharap hal-hal yang diperlukan oleh pemerintah dan masyarakat desa yang berkaitan dengan data informasi pembangunan dapat diakses melalui website ini,” ungkapnya.

 

“Terima kasih kepada BPS yang telah mendampingi kami selama ini yang sudah membuahkan hasil. Begitu juga dengan Diskominfo yang telah membimbing kami untuk menjalankan informasi yang transparan dan terbuka,” imbuhnya.

 

Kemudian ditempat yang sama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Drs. Agustinus, M.AP. mengatakan dengan di launchingnya website Desa Malinau Hilir ini maka masyarakat bisa dengan mudah mengakses informasi yang ada di desa. 

 

“Kita mengharapkan tidak hanya Desa Malinau Hilir tetapi seluruh desa yang ada di Kabupaten Malinau bisa mempersiapkan website di pemerintahan desanya,” ucapnya.

 

“Karena kegiatan ini merupakan hasil pendampingan dari BPS Kabupaten Malinau maka kita harapkan tahun depan ada lagi sebagaimana harapan Kades Malinau Hilir terkait pendampingan lanjutan untuk desa-desa," imbuhnya.

 

Dengan adanya pendampingan lanjutan ini kata Agustinus, pemerintah desa sudah familiar dengan yang namanya statistik, data statistik sektoral apalagi yang namanya dengan dunia digital.

 

"Saya Ada Untuk Semua"

"Bersama Kita Pasti Bisa"

"Salam Harmonis Untuk Kita Semua”

Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?