BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


Buka Bimtek Pengadaan Barang/Jasa, Bupati Harap Pengadaan Tepat Waktu dan Efisien

  30 Januari 2025

 

Malinau – Bupati Malinau Wempi W Mawa, S.E., M.H., secara resmi membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Kelola Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan Mitigasi Risiko 2025 yang berlangsung di Ruang Laga Feratu pada Kamis (30/1/2025).

Dalam sambutannya, Bupati Malinau menyampaikan bahwa hingga saat ini, pelaksanaan APBD pemerintah masih menghadapi beberapa tantangan klasik, seperti belum optimalnya realisasi fisik dan anggaran.

“Hal ini tentu tidak memberikan dampak positif dalam pengelolaan anggaran, terutama dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi, memperluas lapangan kerja, mengurangi kemiskinan, serta mendukung visi dan misi pembangunan daerah di Kabupaten Malinau,” ujar Wempi.

Ia menekankan bahwa anggaran harus diserap dengan cepat dan maksimal sesuai dengan visi, misi, dan program prioritas bupati terpilih.

Dalam rangka percepatan penyerapan APBD, Wempi menegaskan pentingnya pengadaan barang/jasa yang tepat waktu guna mendukung visi dan misi pemerintah daerah.

Wempi juga mengingatkan bahwa pemerintah daerah memiliki tanggung jawab dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program dan kegiatan yang dijalankan oleh setiap OPD. Oleh karena itu, tidak ada visi dan misi yang terpisah dalam OPD, karena semuanya harus sejalan dengan visi dan misi kepala daerah.

“Kepada pengguna anggaran, kuasa pengguna anggaran, serta pejabat pembuat komitmen, saya mengimbau agar benar-benar memahami peran masing-masing dalam proses pengadaan barang/jasa pemerintah. Terutama kepada pimpinan OPD, karena mereka adalah kunci dari seluruh proses ini,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Barang dan Jasa, Totok Setiawan, S.T., M.Si., dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan utama pelaksanaan Bimtek ini adalah untuk mempercepat pelaksanaan pengadaan barang/jasa di lingkungan Pemkab Malinau guna mendukung pencapaian visi dan misi daerah.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memastikan pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintahan berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan serta menciptakan tata kelola pengadaan yang berkomitmen dan berkualitas di setiap satuan kerja.

Peserta Bimtek ini terdiri dari para pelaku pengadaan barang/jasa pemerintah lingkup perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malinau, dengan total peserta mencapai 250 orang. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari.

Diharapkan melalui Bimtek ini, seluruh peserta dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan mereka dalam tata kelola pengadaan barang/jasa pemerintah, sehingga pelaksanaan anggaran dapat berjalan lebih efisien, tepat waktu, serta memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat Kabupaten Malinau.

"Teruslah Bersemangat dan Bekerjasama"
"Saya Ada Untuk Semua"
"Bersama Kita Pasti Bisa"
"Salam Harmonis Untuk Kita Semua”

Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?