BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


Gelar Simulasi CAT, Pemkab Malinau Siap Laksanakan Tes CPNS Tahun Ini

  16 Januari 2020

Malinau- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau melalui Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) menyelenggarakan simulasi tes berbasis Computer Assisted Test ( CAT) untuk para peserta CPNS yang sedang mempersiapkan diri menghadapi Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Simulasi ini dilaksanakan di Balai Diklat BKPP Kabupaten Malinau, pada Kamis (16/01).

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Marson, SH, M.MP menjelaskan bahwa simulasi tes CPNS ini dilaksanakan dalam rangka pembekalan kepada para peserta tes.
“Seperti yang kita ketahui bahwa menggunakan CAT ini tidak semua orang bisa apalagi menggunakan komputer. Oleh karena itu kita harus memberikan pendampingan kepada mereka melalui simulasi ini,” ujarnya.

Disamping itu lanjut Marson, paling tidak para peserta mempunyai gambaran seperti apa tesnya nanti, soalnya dan cara pengerjaannya. Karena yang dibutuhkan disana itu ketepatan waktu, cepat dan tepat. Itu yang harus dilakukan para peserta.
“Paling tidak membantu mereka memberikan gambaran bagaimana mengisi soal-soal itu,” ucapnya.

Adapun alat yang sudah tersedia dan siap digunakan untuk pelaksanaan tes CPNS tahun ini yaitu tersedia sebanyak 55 unit komputer, dimana 50 unit siap digunakan untuk tes dan sisanya cadangan untuk mengantisipasi kemungkinan ada kerusakan pada komputer yang digunakan untuk tes.
“Dan 5 cadangan itu siap untuk mengganti,” jelasnya.

Pelaksanaan tes CPNS yang menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) ini merupakan yang pertama di Kabupaten Malinau, setelah sebelumnya tes selalu dilaksanakan di Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara.
“Kita bersyukur bahwa pada tahun ini Malinau tidak lagi keluar dari kabupaten untuk pelaksanaan tes CPNS dan sudah siap untuk menyelenggarakan sendiri,” tuturnya.

Sementara itu, ditemui usai memberikan arahan kepada para peserta simulasi Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau Dr. Ernes Silvanus, S.Pi, MM mengucapkan terima kasih kepada Kepala BKPP serta Asisten yang membidangi sehingga Malinau bisa memiliki laboratorium komputer sendiri untuk pelaksanaan tes CPNS pada tahun ini.
“Dengan adanya laboratorium ini bisa memudahkan para peserta dari Malinau untuk mengikuti tes sehingga tidak perlu jauh-jauh untuk bepergian mengikuti tes seleksi. Ini juga bisa membantu untuk menghemat biaya dan tenaga dari para peserta,” ungkapnya.

Kemudian, Dr. Ernes juga memberikan arahan kepada Kepala BKPP agar mempersiapkan semuanya dengan baik untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
“Adapun beberapa arahan untuk BKPP pertama menyiapkan genset untuk mengantisipasi jika tiba-tiba mati lampu dan kedua mengenai jaringan internet agar jangan sampai pada waktu pelaksanaan jaringan yang menjadi kebutuhan utama dalam pelaksanaan seleksi ini jadi masalah,” imbuhnya.

"Saya Ada Untuk Semua"
"Bersama Kita Pasti Bisa"
"Salam Harmonis Untuk Kita Semua”

Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?