BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


Gerdema dan RT Bersih Harus Sinergi

  09 Juni 2016

MALINAU-Pelaksanaan program RT Bersih (Rapi, Tertib Bersih, Sehat, Indah dan Harmonis) menjadi sangat penting dalam program Gerakan Desa Membangun (Gerdema) karena programnya menyentuh langsung masyarakat Malinau. Sehingga program RT bersih ini akan terkelola dengan baik.

Diketahui, Gerdema perspekstifnya masih bersifat sektoral yang masih terlihat. Tata kerjanya masih terbatas pada lingkup institusi kelembagaan tingkat desa dan program belum sepenuhnya mampu menyentuh semua masyarakat. ”Kita jujur itu!” kata Bupati Dr Yansen TP, MSi dihadapan para Satgas Gerdema dalam acara penyerahan SK penempatan tugas Satgas Gerdema sekaligus pelepasan tugas di lapangan Senin (6/6).

Oleh sebab itu, tegas Yansen TP, ke depan RT yang dalam nomenklatur aturan adalah Rukun Tetangga dan RT Bersih merupakan cermin dari masyarakat karena sudah menyangkut rumah tangga dan individu sebagai kelompok terkecil di tengah masyarakat. Jika rumah tangga yang ada di setiap RT itu dapat dikelola dengan baik dan benar, maka tidak ada satupun yang terlewatkan dan akan menuju kesuksesan program RT Bersih ini.

“Dengan 130 tenaga Satgas Gerdema yang ditempatkan di 109 desa ini, maka sekitar 370 lebih RT dengan asumsi lebih dari 19 ribu KK yang ada di setiap desa dan RT se Kabupaten Malinau ini bisa mewujudkan RT Bersih,” sebut Yansen TP.

Karena itu, tegas Yansen TP, jika tenaga Satgas Gerdema betul-betul menjalankan tugas dengan baik di setiap desa dan memahami isi dan makna mars Gerdema yang menjadi semangat dan jiwa bagi Satgas tentang arah dan tujuan dari program Gerdema, dinilai bukanlah pekerjaan yang berat. Oleh sebab itu, para Satgas ini harus lebih bersemangat lagi terutama bagi tenaga yang sudah berpengalaman dalam menjalankan tugasnya di lapangan. “Kalau menengok ke belakang dengan berbagai kelemahan dan kekurangan, sekarang mari kita tatap ke depan untuk bergiat lagi dalam bekerja,” ujarnya.

Bupati yakin, jika bekerja dengan baik maka taidak perlu lagi menunggu sampai 5 tahun ke depan. Sebab, Kabupaten Malinau sekarang ini merupakan daerah yang sedang giat-giatnya membangun dari berbagai sektor. Pemilihan ketua RT juga sudah dilakukan secara serentak se Kabupaten Malinau, dan mulai tahun ini rapat-rapat pembangunan di setiap desa dimulai dari tingkat RT dengna melibatkan seluruh masyarakatnya. “Kalau dulu rapatnya di tingkat desa hanya diwakili oleh ketua RT dan beberapa orang saja, tapi mulai sekarang dan seterusnya itu harus melibatkan seluruh masyarakat yang ada di setiap RT,” ungkapnya.

Jadi, sambung Yansen TP, gambaran ke depan itu yakni melihat geliat langsung masyarakat secara individual dalam mengelola program Gerdema itu. Karena Kabupaten Malinau sudah punya kerangka kerja pembangunan ke depan, baik dari sisis dana dan perencanaannya sudah jelas. “Jadi, kita harus yakin dan punya keyakinan bahwa perubahan besar akan terjadi di Kabupaten Malinau ini jika tugas sebagai Satgas Gerdema dijalankan dengan komitmen yang baik. Tegas menerapkannya dan jaga capaiannya,” tukasnya.(ida/fly)

(WIDAYAT/RADAR TARAKAN)

sunber : kaltara.prokal.co

Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?