BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


Kabupaten Malinau Daerah Pertama Di Kaltara yang Menggelar Bimtek SIPD

  10 September 2020

Malinau- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) yang berlangsung di ruang Laga Feratu Kantor Bupati Malinau, pada Kamis (10/09).

Kepala BPKD Dr. Dumberbril, SE, MM melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SPID) dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2021.

“Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah, penyusunan KUA dan PPAS serta rancangan APBD dimaksud dilaksanakan secara elektronik melalui Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 70,” ucapnya.

Pelaksanaan Bimtek ini sendiri akan berlangsung selama 3 hari, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dimana jumlah peserta dibatasi dan dijadwalkan.

BPKD berupaya sebaik mungkin agar penyusunan RAPBD setiap tahun sesuai dengan amanah aturan yang berlaku dan terus mengupdate informasi pengelolaan keuangan agar APBD yang disusun akuntabel dan dapat di pertanggungjawabkan.

Dr. Dumberbril berharap pelaksanaan Bimtek SIPD ini menjadi upaya bersama dalam mewujudkan penyusunan APBD yang sesuai dengan aturan terbaru dan selalu tepat waktu dalam penetapannya khususnya untuk tahun anggaran 2021.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Malinau Dr. Ernes Silvanus, S.Pi, MM yang membuka secara resmi kegiatan Bimtek ini mengatakan SIPD merupakan salah satu bagian dari sebuah perubahan yang terjadi karena adanya peraturan baru tentang pengelolaan keuangan daerah yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat agar pelaksanaan pembangunan dapat berjalan lebih baik.

“Karena itu kita sebagai pelaku atau penyelenggara sebuah sistem dalam organisasi hendaklah mampu beradaptasi dengan perubahan ini,” ujarnya.

Kabupaten Malinau sendiri merupakan daerah pertama di Kalimantan Utara yang menerima Bimtek SIPD tahun 2020. Hal ini patut disyukuri kata Dr. Ernes, bahwa komitmen Pemkab Malinau dalam memajukan pembangunan di daerah serta merespon perubahan tentang tata kelola keuangan daerah mendapat dukungan penuh oleh Kemendagri dengan hadirnya Direktur Perencanaan Anggaran beserta tim teknis.

“Karena itu saya berpesan kepada bapak, ibu peserta Bimtek agar memanfaatkan moment ini dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan skill tentang SIPD yang wajib diterapkan pada tahun anggaran 2021 mendatang,” jelasnya.

"Saya Ada Untuk Semua"
"Bersama Kita Pasti Bisa"
"Salam Harmonis Untuk Kita Semua”

Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?