BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


Kunjungan Penilaian ADWI 2022, Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Akui Kebersihan Dewi Pulsa

  05 Oktober 2022

 

Malinau- Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Indra Ni Tua, S.T., M.Comm mewakili Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkunjung ke Kabupaten Malinau tepatnya ke Desa Wisata Pulau Sapi (Dewi Pulsa).

Seperti yang diketahui bersama bahwa Desa Wisata Pulau Sapi masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kunjungan ini merupakan salah satu bentuk penilaian ke lapangan untuk melihat langsung Desa Wisata Pulau Sapi.

“Setelah melihat langsung, saya kira wajar kalau desa ini masuk dalam desa wisata karena kebersihannya yang luar biasa. Mungkin ini sudah menjadi bagian dari DNA masyarakatnya dan ini harus dipertahankan karena menjaga kebersihan ini bukan program setahun atau dua tahun,” ujar Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Indra Ni Tua, S.T., M.Comm. dalam sambutannya di Balai Adat Desa Wisata Pulau Sapi, pada Selasa (04/10).

Indra menjelaskan bahwa pelaksanaan ADWI ini merupakan usulan dari Bapak Menteri Pariwisata yang ingin menaikkan kembali tingkat pariwisata di Indonesia.

“Sampai dengan tahun 2019 pariwisata menjadi penyumbang devisa nomor 2 terbesar di Indonesia. Kemudian datang Covid kita jatuh ke bawah. Karena itu untuk membangkitkan kembali semangat pariwisata untuk kesejahteraan masyarakat terpilihlah ADWI ini,” ungkapnya.

“Insyaallah tahun depan akan kita laksanakan lagi dengan tetap menggerakkan partisipasi dari seluruh penggerak desa wisata. Mudah-mudahan ke depan bisa kita lakukan menjadi lebih besar lagi karena manfaatnya sangat terasa,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Malinau Jakaria, S.E., M.Si. mewakili seluruh masyarakat merasa bangga akan kehadiran dari pihak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ke Kabupaten Malinau.

“Meskipun yang hadir pada hari ini Bapak Direktur atau KW-nya Pak Menteri tetap kami merasa sangat terhormat. Karena itu kami memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang sudah mau jauh-jauh berkunjung ke daerah kami, daerah perbatasan dan pedalaman di ujung bagian Utara ini,” ujarnya.

Kabupaten Malinau sendiri memiliki wilayah yang cukup luas dan menjadi kebanggaan negara Republik Indonesia karena menjadi bagian dari paru-paru dunia.

“Malinau ini pak, punya hutan konservasi yang masih asri. Jika Pak Direktur pernah mendengar pohon terbesar yang ada di Kalimantan maka tepatnya ada di Malinau yang ada di sekitar Desa Wisata Pulau Sapi. Namun sayang kabarnya Direktur tidak bisa berlama-lama di Malinau, jika tadi bisa, saya ajak kunjungi beberapa destinasi wisata alam yang ada di Kabupaten Malinau. Meskipun kami di pedalaman tetapi kami punya semangat untuk mengembangkan pariwisata,” ungkapnya.

“Harapan kami kepada Pak Direktur agar kiranya bisa menyampaikan salam hangat kami kepada Bapak Menteri dan kami mengharapkan dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menghidupkan Desa Wisata Pulau Sapi agar kelak bisa disejajarkan dengan desa wisata seperti Pulau Bali,” imbuhnya.

"Saya Ada Untuk Semua"
"Bersama Kita Pasti Bisa"
"Salam Harmonis Untuk Kita Semua”

Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?