BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


Panen Padi Bersama, Bupati Beri Apresiasi Kelompok Tani Arur Lam

  18 Januari 2022

Malinau- Bupati Malinau Wempi W. Mawa, S.E. lakukan panen padi bersama dengan kelompok tani dari Kecamatan Malinau Barat tepatnya di lahan Bapak Alpius Yoto yang merupakan anggota Kelompok Tani Arur Lam, pada Kamis (13/01).

Kepala Dinas Pertanian Dr. Afri ST. Padan, SP, M.Si melaporkan bahwa luas tanam dan panen padi Kabupaten Malinau tahun 2020/2021, diantaranya luas tanam untuk tahun 2020 ada 4.214 hektar, sementara luas panennya ada 5.418 hektar. Di tahun 2021 luas tanamnya 4.269 hektar, ada kenaikan sekitar 55 hektar dan diperkirakan luas panennya 4.214 hektar.

Selanjutnya untuk luas tanam Kecamatan Malinau Barat pada musim panen ke-3 tahun 2021 ada 523,805 hektar, perkiraan luas panennya ada sekitar 523 hektar.

Di Kabupaten Malinau sendiri memiliki variasi padi yang beragam. Hal ini dapat dilihat dari tanaman padi yang biasa ditanam di Kecamatan Malinau Barat diantaranya Padi Intaru 32, Padi Keluarga, Padi Tanjung Selor, Padi Pinang, Padi Muncul, Padi Ketan, Padi Adan, Padi Merah dan Padi Keladi.

Sementara itu, Bupati Malinau Wempi W. Mawa, S.E. mengatakan bahwa salah satu program dari 5 program inovasi daerah ialah Rasda Plus yang dimulai dengan salah satu programnya yaitu Petani Sehat.

Saat kegiatan senam bersama dengan BPJS Kalimantan Utara dan pejabat dari Pemkab Malinau kata Wempi, ia mengatakan bahwa jika padi ini sudah masuk waktu panennya ia akan datang lagi bersama dengan para pejabat untuk melakukan panen bersama kelompok tani yang ada di Kecamatan Malinau Barat.

“Hari ini komitmen itu dapat kita lakukan bersama dan kita melihat padinya telah menguning dan siap untuk dipanen,” ucapnya.

Sebelumnya Wempi mendapatkan informasi dari Kadis Pertanian bahwa kegiatan panen bersama ini dibiayai secara mandiri oleh masyarakat dan kelompok tani di tempat ini.

“Saya benar-benar terharu karena biasanya kita yang membiayai sebuah kegiatan tetapi kali ini dengan semangat yang luar biasa ditunjukkan oleh para petani bahwa petani bisa mempersiapkan hal-hal yang baik bagi kita semua dan ini luar biasa,” ungkapnya.

Inilah yang menjadi harapan kita bersama kata Wempi, agar seluruh petani di Kabupaten Malinau dapat mandiri. Bukan hanya petani tetapi seluruh masyarakat Malinau.

“Apa yang telah dilakukan oleh para petani ini, kami sangat memberikan apresiasi. Dengan begini kita berharap produksi pertanian Malinau bisa meningkat,” tuturnya.

"Saya Ada Untuk Semua"
"Bersama Kita Pasti Bisa"
"Salam Harmonis Untuk Kita Semua”

Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?