BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


Cegah DBD, Bersihkan Lingkungan Rumah

  21 September 2016

MALINAU – Demam Berdarah Dengue (DBD) bisa menyerang siapa saja seperti di Kabupaten Malinau yang sudah banyak dinyatakan positif dari tahun ke tahun hingga tahun 2016 ini. Untuk itu Dinas Kesehatan setempat mnghimbau warganya untuk waspada dan membersihkan lingkungan masing-masing.

Pada tahun 2016 ini terhitung sampai bulan Agustus  penderita penyakit DBD khususnya di Kabupaten Malinau sudah mencapai 110 orang yang dinyatakan positif. Berbagai upaya telah dilakukan namun sulit dihilangkan, warga diminta untuk tetap waspada serta mengantisipasinya.

“Dinas Kesehatan yang dibantu Pemerintah setempat serta berbagai Instansi Vertikal juga terus mengupayakan pencegahan dengan melakukan Voging di titik-titik tertentu yang menurut data dan laporan banyak terjangkit hingga di wilayah yang rawan pertumbuhan jentik nyamuk ini.” Ungkap Darno Kasi P2P Dinas Kesehatan Malinau.

Permasalahan yang timbul dilingkungan warga saat ini banyak yang keliru tentang cara pencegahan, semisal warga hanya membersihkan tempat yang becek dan menebang pohon, Akan tetapi justru jentik nyamuk DBD ini hidup digenangan air yang bersih seperti botol bekas yang digenangi air, profil tank yang tidak ditutup rapat serta jarang dibersihkan.

“Jentik yamuk ini justru rentan di tempat-tempat kotor atau jorok, jadi bagi warga diharapkan membuang botol-botol bekas disekitaran rumah atau ember pecah yang digenangi air sering diletakan disekitaran rumah yang justru menjadi tempat jentik nyamuk itu berkembang biak.” Jelasnya.

Selain itu, ditambahkan darno bahwa sempat dari perusahaan yang melakukan penyemprotann Voging sendiri yang justru dilokasi sekitaran penyemprotn Voging aman namun nyamuk berlarian melebar ke lingkungan warga sekitar tambang atau lainya.

“Kita juga telah melakukan sosialisasi ke warga serta perusahaan yang bergerak di wilayah-wilayah perkampungan agar lebih hati-hati dan saling melapor jika harus melakukan pencegahan dan tidak merugikan masyarakat sekitarnya.” Terangnya.

Sehingga dihimbau warga masyarakat lebih hati-hati dan dimulai dari lingkunganya masing-masing untuk menjaganya baik kebersihan dan keamananya dari penyakit-penyakit yang mudah menyerang seperti dalam kondisi cuaca yang sering diguyur hujan seperti saat ini. (ewy)

sumber : kaltara.prokal.co

Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?