Petani Long Loreh Sudah Rasakan Manfaat Rasda

petani-long-loreh-sudah-rasakan-manfaat-rasda

Malinau - Implementasi 3 program unggulan daerah yang salah satunya adalah beras daerah (Rasda) tidak hanya dirasakan manfaatnya oleh para petani di wilayah perkotaan saja tetapi juga sudah dirasakan oleh petani di Kecamatan Malinau Selatan tepatnya Desa Long Loreh yang berjarak sekira 90 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Malinau.

Faisal Apui (57) Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan Kecamatan Malinau Selatan adalah salah satunya yang sudah merasakan manfaat program Rasda tersebut. Fasial Apui adalah Pensiunan PTPN XIII yang menekuni profesi petani.

Faisal Apui yang ditemui di pondok pinggir sawahnya di Long Loreh pada Sabtu (3/11) mengaku telah menjual gabah hasil sawahnya ke Perusda Intimung sebanyak 934 kilo pada bulan Oktober 2018 lalu.

“Oktober lalu sebelum Irau saya menjual 934 kilo gabah ke Perusda. Dengan harga gabah Rp. 6 ribu perkilo saya dapat uang Rp. 5,6 juta. Saya sangat terbantu dengan adanya program Rasda ini” ungkap Faisal.

Menurut Faisal, sebagai petani dirinya merasakan peningkatan kesejahteraan meski baru sekali ini menjual gabah ke Perusda. Oleh karenanya Faisal akan mendorong kelompok tani di Malinau Selatan untuk lebih bersemangat menanam padi.

“Dengan program Rasda saya merasa lebih semangat untuk menanam karena hasilnya sudah jelas. Saya sangat mendukung Rasda. Mulai tahun ini kami usahakan 2 kali tanam sebelumnya hanya sekali. Saya sampaikan ini ke kelompok tani di Malinau Selatan” jelasnya lagi.

Faisal mengaku kalau dirinya hanya mempunyai lahan sawah satu hektar saja dan yang sudah saya garap belum semuanya. “Dengan hasil yang sudah sekali saya dapat, saya optimis dapat membiayai anak saya yang masih kuliah di Samarinda. Anak saya 1 orang yang masih kuliah” ujar Faisal lebih lanjut.

Pada kesempatan berdialog dengan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Malinau, Faisal berharap ada bantuan peralatan pertanian bagi kelompok-kelompok tani yang ada.

“Pada tahun 2016 lalu ada kunjungan staf pertanian untuk pemetaan lahan. Luas lahan yang sudah dipetakan 40 ha lebih. Kami berharap dapat direalisasikan. Kami juga berharap ada bantuan hand traktor dan pompa air dari Pemda untuk mendukung para petani” pungkas Faisal.

Tags : Malinau
menu
menu