BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


PNS Tidak Perlu Dipaksa Bekerja

  19 April 2017

MALINAU-Setiap pegawai Aparatur Sipl Negara (ASN) harus bekerja dengan baik sesuai dengan peraturan yang mampu bekerja dengan baik di lingkungan dan jajaran pemerintahan untuk kesejahteraan rakyat. Karenanya, seluruh pegawai ASN tidak perlu untuk dipaksa bekerja karena negara bertanggung jawab atas diri setiap pegawai.

“Bukan hanya kita aja. Tetapi negara bertanggung jawab menggaji kita, melindungan kita bekerja, ada aturan. Oleh sebab itu, tidak perlu dipaksa bekerja,”  kata Bupati Dr Yansen TP MSi.

Menurut Bupati Yansen TP, dalam penilaian opini kinerja individu pegawai ini bukan hanya sekadar dilakukan penilaian. Dalam setiap SKPD itu ada orang pegawai yang dinilai dan diajukan kepada bupati  untuk menentukan satu yang terbaik. Namun dengan melihat apa yang dikerjakan oleh pribadinya dan apa yang dicapai oleh pribadi dalam lingkup pekerjaanya.

Oleh karena itu, Bupati sangat mengharapkan kepada seluruh pegawai ASN Malinau agar di tahun 2017 yang sedang berjalan ini harus ada perkembangan yang lebih baik.  Jangan lagi menurun, tetapi harus naik, baik dari segi opini penilaian maupun capaian kinerjanya. Karena ada juga SKPD atau OPD yang dalam 5 tahun berturut-turut mendapat bendera opini warna coklat.  Dalam penilaian berikutnya, harus berusaha mendapatkan bendera warna biru melalui  peningkatan kinerja dan capaian hasil kerjanya. Sekarang bukan menantang dan tidak perlu ditantang. Tetapi Bupati mengajak untuk merenungkan, negara sudah bertanggungjawab kepada seluruh pegawai ASN, memberikan kenyamanan bekerja, diberi penghidupan yang cukup, pensiun juga diberi. “Lalu kenapa kita tidak bertanggungjawab seperti negara bekerja kepada kita?. Ini tantangan untuk kita renungkan,” tegas Yansen TP.

Bupati menambahkan, tidak susah menjadi pegawai karena semua sudah ada aturannya.  Ada panca prasetya Kopri yang harus dipedomani untuk memandu para pegawai mengingat, merenungkan diri sebagai  pegawai ASN untuk setiap hari agar menjadi pegawai negeri yang baik dan benar. Karena itu, Bupati mengajak seluruh PNS untuk benar-benar mengabdi dengan sepenuh hati dan penuh tanggung jawab.  Motto “saya ada untuk semua” artinya sekecil apapun yang dilakukan di kantor semua itu sangat berarti untuk kekuatan yang lebih besar. Kekuatan besar itu juga tidak akan pernah ada tanpa adanya kekuatan-kekuatan kecil itu. “Oleh sebab itu, saya sampaikan kepada para pemimpin agar jangan remehkan hal-hal kecil dalam instansi saudara. Karena hal-hal kecil yang bisa membuat kita ‘terjatuh dan terpeleset’” ujar Yansen TP.

Kembali Bupati Yansen TP mengharapkan agar benar-benar menjalankan tugas sebagai aparatur sipil negara. Semua harus bertekad, harus menjadi yang terbaik. “Sebenarnya, Malinau  ini tidak kalah dari dengan daerah-daerah lain. Namun yang membedakan hanya karakter daerahnya. Yang menentukan dari penilaian adalah diri kita sendiri. Seberat apapun situasi yang ada disekitar kita, jika kita bertekad maka  diri kita bisa mengubah kedaan itu,” tutur Ketua Umum Partai Demokrat Orovinsi Kalimantan Utara (Kaltara) ini.

Sebab, imbuh Yansen TP, jika seorang ingin mengubah suatu keadaan maka yang pertama harus diubah itu adalah diri pribadi terutama  bagi pegawai ASN agar melakukan perubahan diri dengan bertanggung jawab sebagai ASN. Keanekaragaman, spesifiikasi keahlian dan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki harus disatukan untuk membangun negara di Kabupaten Malinau. “Itulah artinya,  bersama kita pasti bisa. Karena apa yang telah di Kabupaten Malinau ini bukan karena saya, tapi karena ini adalah kerja bersama dalam satu komunitas yaitu pemerintahan makan akan jadi kekuatan besar. Tapi kalau saya hanya mengunggulkan diri saya, maka tidak akan ada gunanya,” tukasnya.(ida/fly)

sumber : kaltara.prokal.co

AGUSSALAM SANIP/RADAR TARAKAN

Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?