Safari Ramadhan Dimulai di Masjid Al-Mustakim Desa Sengayan

safari-ramadhan-dimulai-di-masjid-al-mustakim-desa-sengayan

Malinau - Desa Sengayan merupakan tempat kunjungan pertama rombongan Safari Ramadhan Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau. Perjalanan ini dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Malinau Topan Amrullah, S.Pd, M.Si beserta FKPD Kabupaten Malinau. Perjalanan dimulai ba’da asar dan tiba dilokasi pada pukul 17.30 Wita , pada Jum’at (10/05/19).

Pengurus Masjid Al-Mustakim Desa Sengayan Muhammad Yusuf dalam sambutannya mengatakan bahwa acara safari di masjid ini dapat terselenggara atas kerjasama dari semua warga Desa Sengayan baik muslim maupun nonmuslim yang turut membantu hingga terselenggaranya acara ini. Pihaknya merasa bangga dan bahagia atas kunjungan dari pemerintah daerah dalam perjalanan safari Ramadhan tahun ini.

“Mohon maaf jika penyambutan ini kurang, tapi ini kami sudah mengusahakan yang terbaik. Semoga berkenan buat bapak/ibu semua,” ujarnya.

“Makanan yang disajikan ini tidak hanya ibu-ibu muslim saja yang menyediakan, tapi juga yang nonmuslim juga turut membantu. Dan bantuan ini atas keinginan mereka sendiri. Begitu juga dengan kami, jika mereka ada acara kami juga turut membantu ketika ada acara kunjungan seperti ini,” ujaranya lagi.

Pada kesempatan ini, dirinya juga meminta saran dan pendapat serta sumbangan sukarela dari para romobongan safari karena Desa Sengayan sedang mengupayakan didirikannya pembangunan TK IT dan TPA yang selama ini hanya memiliki satu gedung yang digunakan secara begantian.

“Mudah-mudahan pembangunan gedung TK dapat terlaksana, TPA bisa berjalan dan harapan kami bantuan dari para kaum muslimin sekalian agar pembangunannya bisa segera diselesaikan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Topan Amrullah, S.Pd, M.Si mengenang kunjungannya ke Desa Sengayan beberapa tahun lalu dalam kunjungan safari. Dimana dalam perjalanan tersebut rombongan menginap sehari untuk bisa merasakan suasana berpuasa dengan saudara-saudara di Desa Sengayan.

“Kita berbangga masih sempat menginap disini dulu yang masih berlapiskan tanah. Dan juga mari kita doakan saudara kita yang memiliki peran penting dalam pembangunan masjid ini dan dia juga seorang mualaf yang telah pergi terlebih dahulu meninggalkan kita,” ujar Wabup Topan sekaligus mengajak jamaah untuk mendokan mualaf tersebut.

Selanjutnya, Wabup Topan menyampaikan bahwa ada sebuah program surga untuk para jamaah safari Ramadhan yaitu pembangunan gedung sekolah TK IT Tunas Sembilang. Dimana sekolah tersebut telah berhasil mewisudakan hingga 8 angkatan dan ini merupakan sesuatu yang luar biasa bagi masyarakat minoritas muslim di Desa Sengayan

“Ini luar biasa ditengah masyarakat minoritas muslim memiliki kesabaran yang luar biasa, sesuatu yg luar biasa. Ini kita dipancing untuk memunculkan kekuatan keimanan, jangan kalah dengan yang ada disini,” ujarnya.

Wabup Topan melanjutkan, pemerintah daerah sebagaimana program wajib belajar sangat mendukung program seperti ini khususnya dalam pengembangan sumber daya manusia yang siap bersaing secara intelektual, rohani, mental, juga memiliki spiritual yang kuat hingga siap untuk ditempatkan dimana saja.

Wabup Topan juga mengingatkan bahwa pembangunan gedung TK ini bisa dimasukkan dalam musrenbangdes karena masuk dalam program desa khususnya bagian pendidikan. “Saya yakin jika kita bersama-sama kita pasti bisa. Seperti pembangunan masjid ini ada yang menyumbang semen, bata, dan lain sebagainya,” imbuhnya.

“Kita harus memulainya, karena jika tidak akan susah Pemda untuk membantu. Harus ada keyakinan dan usaha dari kita sendiri. Buat proposal, rencana pembangunan jika ada desain lebih bagus, agar bisa dilelang dengan pejabat muslim lainnya. Insyaallah bisa jadi, maka segera buat proposalnya,” imbuhnya lagi.

“Untuk saat ini, kita tampakkan dulu TK IT, baru nanti lanjut ke SD. Pelan-pelan kita jalankan secara bertahap,” tuturnya.

Tags : Malinau
menu
menu