Susun Kegiatan 2019, Musrenbang RT Dimulai Hari Ini

susun-kegiatan-2019--musrenbang-rt-dimulai-hari-ini

Malinau-Gerakan Desa Membangun sebagai model pembangunan Kabupaten Malinau telah banyak mengubah pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Malinau. Salah satunya adalah proses perencanaan pembangunan yang tahapannya di mulai dari musyawarah perencanaan pembangunan Rukun Tetangga (Musrenbang RT).

Dalam rangka menyusun kegiatan APBDes 2019, hari ini Kamis (7/1) 31 Rukun Tetangga (RT) di 26 desa dengan didampingi Lembaga Partisipasi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (LP3MD) dijadwalkan mulai melaksanakan Musrenbang RT dengan melibatkan masyarakat di lingkungannya.

Percepatan pelaksanaan tahapan perencanaan pembangunan memang menjadi tuntutan gerdema yang berdampak terhadap percepatan proses berikutnya yaitu, musrenbang desa, musrenbang kecamatan dan musrenbang kabupaten yang pada akhirnya akan menghasilkan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD).

Sementara itu, pelaksanaan Musrenbang RT yang mayoritas dilaksanakan di kediaman Ketua RT masing-masing terpantau berjalan lancar dan demokratis. Seperti yang dilaksanakan di RT. 7 Desa Malinau Hulu.

Sebanyak 50 orang warga termasuk staf desa serta staf kecamatan bermusyawarah di kediaman M.Surip Ketua RT. 7. Pelaksanaan musrenbang yang dimulai pkl. 08.30 menghasilkan 9 kegiatan yang terdiri dari bidang infrastruktur, pemerintahan, SDM dan ekonomi kerakyatan disepakati oleh warga yang hadir.

“Dua hari lalu sebelum pelaksanaan musrenbang RT, tim sudah menyelesaikan draft kegiatan untuk dibawa dalam musrenbang RT. Fungsi draft ini hanya untuk gambaran umum saja dan pada saat musrenbang RT ini kita diskusikan lebih lanjut dengan warga. Kegiatan yang tercantum dalam draft kebanyakan adalah usulan tahun lalu yang belum terakomodir dalam kegiatan RT Bersih 2017 dan 2018 sehingga ini yang kita munculkan kembali” ungkap M.Surip di sela-sela musrenbang RT.

Menanggapi pelaksanaan musrenbang RT yang berjalan demokratis, Rudi (36) salah seorang peserta musrenbang mengungkapkan kegembiraannya. 

“Saya sejak 2016 selalu hadir dalam pelaksanaan musrenbang RT. Kami sangat senang karena seluruh kegiatan yang diakomodir dalam RT Bersih adalah benar-benar kebutuhan kami. Misalnya semenisasi di gang sebelah rumah saya. Dan pada saat pelaksanaan kegiatan juga masyarakat di sekitar yang mengerjakan. Jadi uangnya berputar di situ-situ aja“ jelas Rudi.

Tags : Malinau
menu
menu