Wakil Bupati Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional

wakil-bupati-pimpin-upacara-hari-kebangkitan-nasional

Malinau - Pemerintah Kabupaten Malinau melaksanakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 111 dengan mengusung tema “Bangkit Untuk Bersatu”. Upacara ini dihadiri oleh para pejabat pemerintah daerah, FKPD, Polri, TNI, ASN, PKK, mahasiswa serta siswa-siswi sekolah yang ada di Kabupaten Malinau, pada Senin (20/05/19).

Pada kesempatan ini, Wakil Bupati Malinau Topan Amrullah, S.Pd, M.Si selaku inspektur upacara membacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia Rudiantara.

Menkominfo Rudiantara dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wabup Topan mengatakan bahwa Sumpah Palapa merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia. Wilayah Nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional untuk mengikat wilayah Indonesia seperti yang secara de jure terwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini.

“Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111, 20 Mei 2019, kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa tersebut. Kita berada dalam situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita. Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa,” ujarnya.

“Tidak diragukan lagi bahwa kita pasti akan mampu kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan Indonesia. Dengan semua harapan tersebut, kiranya sangat relevan apabila peringatan Hari Kebangkitan Nasional, disematkan tema Bangkit Untuk Bersatu. Kita bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia,” imbuhnya.

“Akhir kata, saya haturkan selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang keseratus sebelas, seraya mengajak agar kita semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global. INDONESIA BANGKIT! INDONESIA BERSATU!,” ujar Wabup Topan usai membacakan sambutan dari Menkominfo RI Rudiantara.

Tags : Malinau
menu
menu