BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


Akhir Bulan Safar, Pemdes Malinau Seberang Gelar Doa Tolak Bala

  07 Oktober 2021

 

Malinau- Memasuki akhir bulan Safar, Pemerintah Desa Malinau Seberang menggelar kegiatan baca Doa Tolak Bala yang dilaksanakan di Lapangan Bola Voli RT. 007 Desa Malinau Seberang, pada Rabu (06/10).

 

Kepala Desa Malinau Seberang Burhan menerangkan bahwa kegiatan baca doa tolak bala ini memang dilakukan setiap tahun khususnya di bulan Safar.

 

“Menurut orang tua kita dulu, setelah mereka membaca doa tolak bala mereka melanjutkan dengan mandi Safar atau biasa kita sebut mandi Salamun,” jelasnya.

 

Tujuan daripada kegiatan ini sendiri kata Burhan, seperti yang disampaikan para sesepuh atau orang tua dulu ialah untuk menolak segala bala (sial).

 

“Kemudian dilanjutkan dengan mandi Salamun yang bertujuan untuk menjauhkan kita dari segala macam wabah penyakit dan menjauhkan dari segala bala (sial),” ujarnya.

 

Setelah melaksanakan doa tolak bala, mandi Salamun, dilanjutkan dengan acara masak-memasak. Dimana tujuannya ialah untuk meningkatkan silaturahmi, hubungan kekeluargaan dan persaudaraan sesama warga.

 

“Inilah ke depan yang diharapkan bisa kita lestarikan, kemudian bisa kita pelihara dengan baik,” ucapnya.

 

Sebenarnya lanjut Burhan, kegiatan ini ingin di fokuskan di satu tempat. Akan tetapi tidak bisa dilakukan mengingat suasana yang masih dilanda wabah Covid-19.

 

“Karena itu kegiatan ini kita pisahkan. Ada yang melaksanakan di RT masing-masing dan ada juga RT yang bergabung di satu tempat. Ke depan ini akan kita usahakan fokus di satu tempat setelah wabah ini berakhir,” tuturnya.

 

"Saya Ada Untuk Semua"

"Bersama Kita Pasti Bisa"

"Salam Harmonis Untuk Kita Semua"

Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?