BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


Demi Kelancaran Pemilu 2024, Pemkab Malinau dan Bawaslu Malinau Bangun Sinergitas

  28 Juli 2022

Malinau- Pemkab Malinau jalin kerjasama dengan Bawaslu Kabupaten Malinau melalui penandatanganan nota kesepakatan bersama (MOU) tentang penyelenggaraan pemilihan umum dan pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota pada tahun 2024.

Penandatanganan nota kesepakatan ini berlangsung di ruang Laga Feratu Kantor Bupati Malinau, pada Rabu (27/07).

Ketua Bawaslu Kabupaten Malinau Dony, S.Th., M.H. dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemkab Malinau yang telah berkenan untuk melakukan penandatanganan MOU ini.

“Hal ini penting dilakukan karena tujuan bersama kita adalah untuk mensukseskan penyelenggaraan pemilu dan pemilihan serentak pada tahun 2024,” ucapnya.

Sebagaimana yang diketahui bersama bahwa pemungutan suara pada tahun 2024 jatuh pada tanggal 14 Februari 2024.

“Terlihat masih lama tetapi jika di hitung dengan bulan tahapan itu kurang lebih 18 sampai 19 bulan ke depan sudah akan dilakukan,” ujarnya.

Penyelenggaraan pesta demokrasi serentak ini tentu tidak dapat maksimal dilakukan hanya oleh penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU, Bawaslu dan Dewan Penyelenggaraan Pemilu.

“Terlebih dengan personil kami yang sangat terbatas sekali. Malinau hanya ada 18 pimpinan, 3 dibantu dengan sekretariat. Dan luas Kabupaten Malinau 52% dari luas Kalimantan Utara sehingga inilah alasan mengapa kerjasama dengan pemerintah daerah sangat penting bagi kami,” jelasnya.

“Tidak dapat kita lupakan peristiwa pemilu 2019 bahwa ada 500 lebih penyelenggara pemilu yang meninggal dunia. Kita berharap kejadian serupa tidak terjadi dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2024,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Malinau Wempi W Mawa, S.E., M.H. mengatakan melalui momentum kerjasama ini dapat terbangun sinergitas serta upaya-upaya yang optimal sebagai langkah preventif terhadap potensi pelanggaran dalam keseluruhan tahapan pelaksanaan pemilihan.

“Kita siap melangkah dan mempersiapkan segala sesuatunya demi kelancaran penyelenggaraan pemilu pada tahun 2024 mendatang,” ucapnya.

“Kiranya apa yang kita sepakati ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya demi terciptanya sebuah pentas perpolitikan yang demokratis, damai dan profesional di tengah masyarakat khususnya Kabupaten Malinau dengan tidak terlepas dari kearifan-kearifan budaya masyarakat yang dimiliki,” imbuhnya.

"Saya Ada Untuk Semua"
"Bersama Kita Pasti Bisa"
"Salam Harmonis Untuk Kita Semua"

Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?